Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKemenagMasjid MujahiddinPontianak

Kakanwil Kemenag Kalbar Sampaikan Kultum di Masjid Mujahidin

PONTIANAK,KP - Memasuki Ramadan ketiga ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I menyampaikan kultum di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Kamis, (14/03/2024) malam.

Dalam ceramahnya Muhajirin menyampaikan banyak sekali hikmah puasa di Ramadan. Bulan Ramadan merupakan momentum yang baik bagi kita, keluarga kita untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawadah, warahmah. Momentum puasa ini mempererat ukhuwah antara keluarga kita.

Muhajirin menggarisbawahi pentingnya puasa sebagai momentum untuk mempererat ikatan keluarga dalam menciptakan keluarga sakinah, mawadah, warahmah.

"Puasa bukan hanya tentang hikmah dan ketakwaan, tetapi juga tentang membangun hubungan yang harmonis diantara keluarga," katanya.

Lebih lanjut Muhajirin menjelaskan bahwa puasa bukan hanya sebagai ibadah individual, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan sosial, termasuk hubungan dalam keluarga. Apabila kita menjalankan puasa dengan penuh kesadaran, kebersamaan dan keikhlasan, kita dapat menciptakan atmosfer keluarga yang penuh dengan kedamaian, kasih sayang, dan saling menghormati 

Muhajirin menyoroti bahwa dalam membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah, penting untuk memperhatikan komunikasi yang baik antara anggota keluarga, saling pengertian, dan kesediaan untuk saling mendukung dalam kebaikan dan kesulitan. Dengan demikian, keluarga dapat menjadi landasan yang kokoh dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan yang datang dalam kehidupan.

"Ramadan menjadi momen yang sangat indah untuk mengeratkan hubungan emosional- sosial dan komunikasi keluarga. Ketika sahur dan berbuka puasa bersama merupakan fasilitas yang disiapkan Allah untuk membangun hubungan harmonis keluarga dan sosial," pungkas Muhajirin.

Tampak ribuan jemaah hadir memenuhi masjid raya kebanggaan masyarakat Kalbar tersebut. Mereka sangat antusias menyimak materi yang disampaikan Kakanwil Kemenag Kalbar. Usai kultum dilanjutkan shalat Tarawih diimami ulama dari Arab Saudi. Setelah shalat, dilakukan sesi foto bersama di dampingi Kabag Tata Usaha Kaharudin. (*/Red) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad