Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKemenagSingkawang

Kakanwil Kemenag Kalbar: Puasa Mengajarkan Kita Menjaga Lisan dan Mengendalikan Keinginan

SINGKAWANG, KP - Ramadan merupakan bulan suci yang penuh keberkahan. Banyak sekali faedah dan pahala yang dijanjikan Allah kepada hamba-Nya yang beriman. Diantara faedah puasa adalah mengajarkan kita untuk menjaga lisan dan mengendalikan keinginan. 

Hal itu dikatakan Kakanwil Kemenag Kalbar Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I ketika menjadi penceramah dalam kuliah tujuh menit (kultum) di Masjid Al-Istiqomah Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Jum'at (15/3/2024) malam pada momen shalat Isya dan Tarawih berjamaah. 

"Alhamdulillah. Kita bersyukur kepada Allah Swt diberikan kesempatan bertemu pada bulan suci Ramadan 1445 Hijriah ini. Banyak sekali keutamaan dan pahala yang dijanjikan Allah. Puasa Ramadan mengajarkan kita untuk menjaga lisan dan mengendalikan keinginan," ungkap Muhajirin Yanis. 

Mengutip pendapat Imam Al-Gazali, yang tajam di dunia ini bukanlah pedang, tetapi lisan. Senada dengan itu, orangtua di Gorontalo dulu berpesan, kalau bergaul mesti menjaga nafas yang keluar. 

"Nafas yang keluar itu adalah makna simbolik yang memiliki maksud harus pandai menjaga lisan. Saat berbicara harus berkata yang baik, tidak menggunjing orang lain, dan tidak menyakitkan hati sesama manusia," pesan Muhajirin Yanis. 

Di kesempatan itu, Muhajirin juga menjelaskan bahwa puasa mengajarkan kepada kita untuk mengendalikan keinginan. Sebab menurutnya, tidak semua keinginan itu yang kita perlukan. Ia mengibaratkan nafsu laksana api.

"Apa yang kita inginkan, tidak sebanyak yang kita butuhkan. Nafsu yang tidak bisa dikendalikan itu ibarat api yang akan membakar apapun yang ada di sekitarnya," sambung Muhajirin. 

Muhajirin menjelaskan kehadirannya bersama rombongan Kanwil Kemenag Kalbar serta BPJPH Kemenag RI di Kota Singkawang ini dalam rangkaian Sosialisasi Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha. 

"Kedatangan kami ke Kota Singkawang ini untuk bersilaturrahmi dan dalam rangkaian Sosialisasi Wajib Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha. Bersama Pj. Walikota Singkawang tadi sore kami melakukan kampanye on the spot ke pasar Juadah Ramadan. Kami mendorong pelaku usaha yang punya produk makanan atau kuliner yang dijual harus segera memiliki sertifikat label halal," pungkas Muhajirin. 

Di momen tersebut, Kakanwil Kemenag Kalbar didampingi Kabag Tata Usaha Kaharudin dan Kepala Kemenag Kota Singkawang Mukhlis menyerahkan bantuan Kitab Suci al-Qur'an kepada Pengurus Masjid Al-Istiqomah. Ratusan jemaah masjid menyambut bahagia kehadiran Kakanwil Kemenag Kalbar dan rombongan. (*/Red) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad