Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

Kalbar

Gelar Konferensi Cabang XLI dan Musyawarah Cabang XIX Wujud Kolaborasi HMI-Kohati Cabang Pontianak

PONTIANAK – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korp HMI-Wati (Kohati), menggelar Konferensi Cabang XLI dan Musyawarah Cabang XIX, yang pembukaannya berlangsung pada Jumat, 28 Oktober 2022 pukul 14.00 WIB di Rumah Melayu Kalbar, Jalan Sultan Syahrir, Kelurahan Akcaya, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Pembukaan dilaksanakan tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ini mengangkat Tema "Merawat Geneologi Kepemimpinan HMI Cabang Pontianak". Kegiatan ini dilaksanakan oleh kepengurusan HMI Cabang Pontianak dan Kohati Cabang XIX Periode 2021-2022.
Konferensi Cabang XLI HMI dan Musyawarah Cabang XIX Kohati dilaksanakan dalam rangka pemilihan Ketua periode 2022-2023, sekaligus persiapan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang bertepatan pada tanggal 28 Oktober.
Kegiatan tersebut dihadiri peserta dan tamu undangan berjumlah sekira 150 orang di antaranya  Kadisporapar Kota Pontianak, Sy. Rizal Almutahar. Ketua Umum Majelis Daerah KAHMI, Imam Abu Hanifah.
Lalu Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Provinsi Kalbar, Abdul Muiz. Ketua KOHATI HMI Cabang Pontianak, Ketua Umum HMI Cabang Pontianak, Gus Hifni dan Ketua Umum Korp HMI Cabang Pontianak, Yunda Mutia Soraya.
Lalu para Ketua Komisariat HMI Cabang Pontianak dan Seluruh Ketua Bidang Pengurus HMI dan KOHATI Cabang Pontianak periode 2021-2022, serta OKP Cipayung.
Adapun kegiatan dimulai dengan registrasi, pembukaan, pembacaan Ayat Suci Al-Quran, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Hymne HMI, Mars KOHATI, Laporan Ketua Panitia.
Selanjutnya Sambutan Ketua Umum Korp HMI Cabang Pontianak, Pidato Ketua Umum HMI Cabang Pontianak,  Sambutan Ketua Umum Majelis Daerah KAHMI, Sambutan Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Provinsi Kalbar.
Kemudian Penayangan Video Dokumenter Satu Tahun Kepengurusan HMI Cabang Pontianak Periode 2021-2022. Penampilan Tari, Penyerahan Plakat Kepada Ketua Bidang Pengurus HMI Cabang Pontianak, dan Penyampaian Orasi Ilmiah. 
Dalam sambutannya, Ketua Umum Korp HMI Cabang Pontianak, Yunda Mutia Soraya mengatakan pembukaan Konfercab ke-41 dilaksanakan merupakan pertanggungjawaban kepengurusan yang dijalani, di mana kepengurusan HMI akan tetus berproses kedepannya.
“Peran wanita di Korps HMI Cabang Pontianak sangat Penting. Harapan nantinya di kepemimpinan yang baru bisa membawa HMI menjadi lebih baik lagi,” kata Yunda Mutia Soraya.
Lalu, Ketua Umum HMI Cabang Pontianak, Gus Hifni menyampaikan sebagai organisasi yang lahir tepat 2 tahun setelah Indonesia Merdeka, di mana HMI telah banyak memberi kontribusi kepada Negara, maka HMI cabang Pontianak telah berusia 65 tahun, di mana kader HMI banyak melahirkan orang-orang hebat.
“Selama satu tahun kepengurusan HMI Cabang Pontianak periode 2021-2022 telah terbentuk 4 Komisariat dari awal 16 menjadi 20 Komisariat HMI Cabang Pontianak,” paparnya.
“Bahwa HMI Cabang Pontianak telah berhasil membentuk pengkaderan HMI sebanyak 265 orang. Dalam waktu dekat akan terbentuk HMI Cabang Kuburaya,” lanjut Guis Hifni.
“Setiap Anggota HMI harus bisa memberikan kontribusi nya kepada Negara. Saya mengucapkan selamat kepada pengurus HMI atas pelaksanaan Konfercab HMI Pontianak,” tuturnya.
Sedangkan Ketua Umum Majelis Daerah KAHMI, Imam Abu Hanifah
menyatakan bahwa Konfercab adalah tempat proses organisasi dimana tempat kita menyatukan organisasi agar tidak pecah-pecah.
“Siapapun yang terpilih harus bertanggung jawab dimana selayaknya sebagai ketua umum. HMI memiliki kader yang sangat banyak tidak mudah memimpin khususnya di HMI ini akan menjadi tantangan kepada pimpinan HMI ke depan,” ujarnya.
“Kita mensyukuri bahwa kader HMI sangatlah luar biasa dimana saat ini banyak duduk di bangku pemerintahan. Selamat ber Konfercab dan selamat berkompetisi bagi opara calon semoga setelah terpilih nantinya dapat memegang amanah,” kata Imam.
Selanjutnya, Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Provinsi Kalbar, Abdul Muiz
mengatakan, setelah Konfercab HMI Pontianak, ke depan masih banyak kegiatan yang akan dilaksanakan.
“HMI bukan organisasi yang hanya mengurus kegiatan internal tetapi juga eksternal. Terlaksananya kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari pada dukungan dari para alumni dan senior dari pada HMI,” katanya. 
“Saya berharap dengan banyaknya kader HMI tidak menjadi masalah dan terjadinya konflik internal. Ke depan, dalam waktu dekat Badko HMI akan mengusahakan Kalbar dapat menjadi tuan rumah kongres HMI tingkat nasional mari kita dukung perjuangan agar kalbar dapat menyelenggarakan kongres HMI,” jelas Abdul Muiz.
Pembukaan Konferensi Cabang XLI HMI dan Musyawarah Kohati Cabang XIX Periode 2021-2022 berakhir pada pukul 15.45 WIB, di mana selama kegiatan berlangsung berjalan tertib dan lancar.
Usai pembukaan Konfercab HMI Cab Pontianak, maka dilanjutkan dengan agenda Konfercab HMI Cab Pontianak yang berlangsung dalam 4 Hari kedepan, pada pukul 08.00 WIB-selesai yan brlangsung di Aula Kantor Camat Pontianak Barat, Jalan R.E Martadinata, Kecamatan Pontianak Barat. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad