Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarSekitar Kita

Babinsa Menjadi Penengah, Dalam Mediasi Sengketa Tanah Damai

SINGKAWANG - Kamis (3/6/21) Jaga keamanan dan ketertiban di wilayah binaan, Babinsa Kelurahan Sungai Rasau Koramil 1202-08/Singkawang Selatan Sertu Arbain membantu penyelesaian sengketa jual beli tanah warga Kel. Sungai Rasau Kec. Singkawang Utara Kota Singkawang.
 

 

Sebagai aparat teritorial, Babinsa mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah binaanya, serta berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, dalam hal ini Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan perangkat Kelurahan Sungai Rasau menyelesaikan sengketa tanah seluas 2.723 Ha antara Ibu Zainab dan Ibu Apida sebagai pihak penjual dengan bapak Theodorus Rusminto sebagai pihak pembeli, kedua belah pihak merupakan warga Kelurahan Sungai Rasau, mediasi permasalahan jual beli tanah tersebut dilakukan di aula kantor kelurahan Sungai Rasau Jln. Ratu Sepudak RT. 001/002 Kel. Sungai Rasau Kec. Singkawang Utara.
"Mediasi ini dilakukan guna mencegah timbulnya perselisihan antar warga yang dapat semakin meluas, dan mengatasi permasalahan dengan musyawarah sehingga dapat diselesaikan secara kekeluargaan tanpa keributan," ungkap Sertu Arbain.
"Permasalahan timbul karena adanya miskomunikasi antara keluarga penjual dengan pembeli terkait nilai jual yang dianggap belum jelas menurut para ahli waris penjual" tambah Babinsa.
"Dengan adanya mediasi ini, permasalahan sengketa jual beli tanah antara Ibu Zainab dan Ibu Apida dengan bapak Theodorus Rusminto dapat diselesaikan secara damai, dimana tanah seluas 2.723 Ha disepakati dijual seharga Rp. 105.000.000 dengan pembayaran awal (DP) Rp. 40.000.000 dan sisanya sebanyak Rp. 65.000.000 akan diselesaikan setelah sertifikat selesai dan masing-masing pihak dapat menerima keputusan secara lapang dada sehingga masalah jual beli tanah ini tidak sampai ke ranah hukum atau meja hijau," tutur Sertu Arbain.
Lurah Sungai Rasau Arly Kurniawan, S.Sos mengaku, "Keberadaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas di kelurahan kami sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul di tengah masyarakat, sehingga permasalahan dapat diredam dan tidak menimbulkan konflik massa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada kedua belah pihak yang bermasalah, atas kerja samanya permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik dan damai," tutupnya.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad