Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Pahami Penggunaan Smart Key System di All New Honda Scoopy

PONTIANAK - Sebagai pengaman, beberapa motor keluaran terbaru sudah dibekali dengan kunci keyless, salah satunya Honda Scoopy 2021. Teknologi yang kerap disebut pabrikan dengan Smart Key System.



Dari sisi fungsi, Smart Key System diklaim lebih aman dari kasus pencurian kendaraan bermotor, jika dibandingkan dengan rumah kunci berpengaman magnet yang sebelumnya banyak dipakai.
Perlahan-lahan, kunci kontak berpengaman magnet mulai ditinggalkan, karena sudah bisa diakali pencuri, sehingga kasus kehilangan motor masih kerap terjadi.
Demikian pula pada Honda Scoopy 2021, fitur Smart Key System hanya bisa didapatkan pada tipe teratas yakni Prestige dan Stylish saja, tentu Anda harus membayar lebih mahal sebesar Rp20,75 juta dibandingkan 2 tipe lainnya yang dijual Rp19,95 juta.
Cara pakai Smart Key System Honda Scoopy 2021, tak berbeda dengan yang dimiliki Honda Vario 150. Pada rumah kontak, menggunakan knob berwarna hitam, tanpa ada lampu iluminasi berwarna biru, seperti milik Honda ADV150.
Untuk menggunakannya dari posisi setang terkunci, tekan knob kontak satu kali, kemudian putar menuju posisi yang dituju seperti merilis kunci setang atau posisi untuk membuka jok.
Kalau ingin membuka jok, langkah selanjutnya tekan tombol bertulisan 'SEAT' disamping kanan knob. Jika ingin menghidupkan motor, putar knob kearah kiri sampai mentok, diikuti nyala dari panel instrumen digital.
Yang harus diperhatikan, jarak motor dengan remote harus dalam radius 1 meter, jika tidak maka knob kunci kontak tidak akan merespon, dan knob tidak akan bisa diputar.
Kecanggihan lainnya dari fitur Smart Key System, ada pada remote yang punya 2 buah tombol. Tombol pertama untuk Answer Back System, mencari lokasi motor di area parkir yang luas, dan tombol untuk mengaktifkan alarm.
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika remote hilang? Apakah motor tidak bisa digunakan sama sekali?
Ukuran remote yang relatif kecil memang terkadang menjadi kendala, dan kerap terselip. Pada saat pembelian, Anda akan mendapatkan sepasang remote, simpan remote cadangan baik-baik di rumah ya!
Menurut Iwan Hari Susilo, Technical Service Division Astra Motor Kalbar, jika remote hilang, remote cadangan bisa didaftarkan lewat bengkel resmi terdekat.
Tapi jika kedua remote hilang, konsumen bisa mendaftarkan lewat lewat barcode yang disebut ID Tag untuk bisa kembali menggunakan motor. Jika memang sangat sial ID Tag juga hilang, maka siap-siap keluar dana besar.
Jika Anda mengalami kondisi terburuk, maka harus mengganti SCU (Smart Contrl Unit) yang tugasnya membaca sinyal remote yang dijual satu paket dengan sepasang remote. ECM (Engine Control Modul) otomatis juga harus ikut diganti.
Proses penggantian kedua komponen tadi memang relatif cepat, tapi jika stok tidak ada maka harus menunggu komponen tadi dari pusat. Maka selama itu pula motor tidak bisa digunakan.
Jadi jika Anda akan menebus Honda Scoopy 2021 tipe Stylish dan Prestige, jaga baik-baik remotenya ya! (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad