SLIDER

header ads

AHM Racing Team Berharap Lahir Crosser Baru

PONTIANAK - PT Astra Honda Motor (AHM) telah melebarkan sayap dalam hal pembinaan pembalap berkualitas dunia. Melalui Astra Honda Racing Team (AHRT), AHM kini ingin menghasilkan pembalap motocross atau crosser andal.
 
 
Muhammad Delvintor Alfarizi menjadi crosser debutan yang dimiliki AHRT. Pembalap 18 tahun itu turun di kejuaraan motocross dunia MXGP di kelas MX2 pada musim 2019 dan direncanakan akan ikut jadwal seri dunia, walau akhirnya harus ditunda karena pandemi Covid-19.
Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem yang sama seperti pembinaan pembalap on-road dalam menciptakan crosser berkualitas.
"Karena ini permulaan jadi belum ada penjenjangan di awal ini. Tetapi pada prinsipnya kami akan melakukan penjenjangan yang sama seperti di road race," terang Thomas.
Menurut Thomas, penjenjangan yang dilakukan akan berdasarkan kapasitas mesin. Namun untuk sampai ke tahap itu, ada banyak hal yang harus dilalui calon pembalap.
"Kalau di road race idealnya dimulai dari racing school dulu. Kalau di road race dari 250cc ke 600cc. Tapi kalau untuk MXGP, kalau ada racing school penjenjangannya dari 250cc ke 450cc," ujarnya.
"Untuk sampai ke situ kita harus ada seleksi kemudian rekrutmen dan melakukan monitoring lalu melakukan pembinaannya seperti apa. Pembinaan itu banyak dari sisi physical training, pengenalan mekanisme ban, engine, dan lain-lain jadi harus benar-benar bisa menyesuaikan," lanjut Thomas.
Saat ini, AHRT telah memiliki empat crosser, terkait hal ini Thomas menyebut, sebagai tahap awal tentunya perlu ada seleksi, pemantauan dan perkembangan lain. "Itu karenanya mereka fokus pada satu pembalap dulu," katanya.
Tim balap AHRT untuk motocross baru dimiliki AHM pada tahun 2019. Tim tersebut telah dipersiapkan dua bulan sebelum MXGP 2019 seri Palembang berlangsung. Selain mengikuti dua seri MXGP 2019 di kelas MX2, crosser andalan AHRT yang karib disapa Adel itu juga akan turun di 6 seri Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross Indonesia.(*)

Posting Komentar

0 Komentar