Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Honda ADV150 Akan Mengaspal di Negara Paman Sam

PONTIANAK - Bukan cuma negara di Asia Tenggara atau Jepang saja, Honda ADV150 juga bakal dinikmati motoris Amerika Serikat. Bahkan skutik buatan Indonesia sudah bisa dipesan, meski ketersediaannya masih cukup lama.
 
Honda ADV150 masuk ke Amerika

Sejak peluncuran tahun lalu, Astra Honda Motor (AHM) langsung mencanangkan untuk mengekspor ADV150. Seperti dilihat sekarang ini, sudah cukup banyak juga negara yang mendatangkan skutik anyar Honda itu. Termasuk salah satunya Amerika Serikat. Dimulai terlebih dulu dengan melakukan homologasi, terkait kelayakan emisi gas buang ADV150.
Hanya saja pengesahan itu bukan diajukan AHM, melainkan oleh Honda Motor Co., Ltd. Meski begitu, proses itu tidak menghambat ADV150 untuk berkeliaran di negeri Paman Sam. Seperti dicatatkan dalam laporan California Air Resources Board, Honda ADV150 berhasil mengantongi sertifikasi laik jalan. Dan sudah dipublikasikan sejak Februari 2020.
Wajar jika kini American Honda Motor Co., Inc. mulai buka pesanan. Menariknya, harga jual Honda ADV150 di Amerika Serikat mencapai USD 4.299 atau setara Rp 71 jutaan. Seperti pula di Indonesia, banderol itu lebih mahal ketimbang Honda PCX 150. Padahal, boleh dikatakan ADV150 mengadopsi jantung mekanik kepunyaan PCX.
Sang skutik bergaya tualang menggunakan mesin SOHC PGM-FI (injeksi) dengan perlengkapan Idling Stop System (ISS). Bore x stroke yang diset pun serupa: 57,3 x 57,9 mm. Begitu pula dengan rasio kompresi: 10,6:1. Tentu dengan beberapa pengembangan, mengingat penyajian ADV150 yang lebih 'nakal'. Tidak bisa dibilang sama dengan PCX, yang menawarkan penampilan perlente. Desainnya berbeda jauh dari skutik garapan Honda kebanyakan. Dengan penyajian tersebut, wajar bila terdapat perbedaan output. Keluaran tenaga ADV150 adalah 13,4 Hp/8.500 rpm dan torsi maksimal 13,8 Nm di putaran 6.500 rpm. Dipastikan lebih sigap menghadapi kondisi jalan stop and go. Karena catatan torsinya sedikit mengungguli PCX.
Honda ADV150 mengedepankan tampang lebih maskulin dengan bentuk tubuh ala motor adventure. Beberapa fitur yang menjadi unggulan tersemat. Mulai dari penggunaan sistem penerangan LED, windscreen yang akomodatif, karena terdapat dua setelan dan pengoperasian yang mudah. Lalu informasi seputar kendaraan ditampilkan melalui panel meter digital. Ada pula aplikasi semisal ketersediaan power outlet (12 volt) untuk mengisi daya gawai, sistem kunci pintar dan bagasi luas (27 liter).
Satu yang tak kalah penting, tentu saja mengenai impresi berkendara. Pengendaliannya berbeda karena ADV150 memiliki setang lebar. Handlingnya pun terasa meyakinkan lewat suspensi buatan Showa. Paling menarik, peredam kejut belakang dengan tabung memiliki panjang 350 mm dan merupakan yang terpanjang di kelasnya. Satu lagi, postur jangkung berkat ground clearance dan jok tinggi, cocok dikendarai orang-orang bule.
Diferensiasi ini pula yang membuat Honda ADV150 lebih baik. Maka wajar jika saat ini ia dipatok paling mahal ketimbang jajaran skutik Honda di Amerika Serikat. Sebut saja PCX 150 yang dijual USD 3.699 (sekitar Rp 60,8 jutaan) atau dua skutik unik seperti Honda Ruckus dan Metropolitan. Keduanya dipasarkan pada pada rentang Rp 40 jutaan. Sayangnya pembeli ADV150 di Amerika Serikat tak bisa langsung mendapatkan unit dalam waktu cepat. Menurut Ride Apart, skutik yang hanya ditawarkan dalam satu opsi (varian ABS dan warna Matte Black Metallic) itu baru tersedia di diler, Juni mendatang.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad