JAKARTA, KP – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menghadirkan inovasi besar dalam dunia perbankan digital dengan meluncurkan OCTO by CIMB Niaga, sebuah langkah transformasi yang mengintegrasikan dua kanal digital andalannya—OCTO Mobile dan OCTO Clicks—menjadi satu platform terpadu dengan satu identitas pengguna. Melalui integrasi ini, nasabah kini cukup menggunakan satu User ID untuk mengakses seluruh layanan perbankan, baik melalui aplikasi maupun situs web, sehingga pengalaman bertransaksi menjadi jauh lebih mudah, aman, dan efisien.
Menurut Head of Digital Banking & Contact Center CIMB Niaga, Lusiana Saleh, inisiatif ini merupakan bagian dari strategi bank untuk menyederhanakan pengalaman perbankan nasabah sekaligus memperkuat konsistensi brand OCTO. “Integrasi OCTO merupakan bagian dari upaya CIMB Niaga untuk semakin menyederhanakan pengalaman perbankan nasabah, memperkuat konsistensi brand OCTO, sekaligus menyiapkan fondasi untuk pengembangan fitur masa depan. Inisiatif ini sejalan dengan purpose kami untuk Advancing Customers & Society melalui layanan perbankan digital yang inovatif dengan teknologi dan fitur terkini, sehingga selalu relevan dengan gaya hidup digital nasabah,” ujarnya di Jakarta, Senin (10/11/2025).
Transformasi OCTO menjadi tonggak baru bagi ekosistem digital CIMB Niaga yang semakin terpadu dan intuitif. Kini, baik versi aplikasi maupun website OCTO hadir dengan tampilan antarmuka yang lebih modern dan mudah digunakan, disertai beragam fitur inovatif. Beberapa fitur unggulan yang kini tersedia antara lain QRIS Tap, QRIS lintas negara yang mencakup Malaysia, Singapura, Thailand, dan Jepang, NFC Tap and Pay, serta kemudahan mengonversi Poin Xtra menjadi miles berbagai maskapai penerbangan. Selain itu, nasabah dapat melakukan pengajuan kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), hingga mengakses layanan asuransi dari Sun Life secara langsung melalui aplikasi.
Tidak hanya berfokus pada transaksi, OCTO juga memperkuat konektivitas nasabah dengan menghadirkan OCTO Call dan OCTO WhatsApp, dua fitur komunikasi berbasis data yang memungkinkan nasabah terhubung langsung ke Contact Center CIMB Niaga tanpa pulsa. Langkah ini menjadikan CIMB Niaga sebagai bank pertama di Indonesia yang menyediakan layanan panggilan langsung melalui WhatsApp, menghadirkan kemudahan dan respons cepat yang tersedia selama 24 jam setiap hari.
Lebih dari sekadar aplikasi transaksi, OCTO kini berevolusi menjadi platform digital yang menyatukan seluruh kebutuhan finansial nasabah dalam satu ekosistem yang cerdas, cepat, dan personal. Selain layanan utama seperti transfer BI-FAST, top-up e-wallet, dan pembayaran QRIS, CIMB Niaga memperkaya pengalaman digital melalui kampanye #GetWealthSoon, yang mendukung pertumbuhan kekayaan digital nasabah lewat produk reksa dana, obligasi ritel dan korporasi, serta fitur monitoring portofolio dan performance insights.
Nasabah juga dapat membuka rekening valuta asing hingga 15 mata uang dengan kurs transaksi yang kompetitif. Sementara itu, versi website OCTO dirancang untuk menjawab kebutuhan finansial yang lebih kompleks seperti jual beli emas, pengelolaan transaksi massal, hingga pengajuan kartu kredit dan pinjaman pribadi.
OCTO menawarkan salah satu pengalaman digital wealth terbaik di Indonesia dengan kemampuan membandingkan kinerja berbagai reksa dana dan obligasi hingga lima tahun ke belakang. Pertumbuhan transaksi finansial melalui aplikasi dan website OCTO tercatat meningkat sebesar 44% sepanjang sembilan bulan pertama 2025, menunjukkan meningkatnya kepercayaan nasabah terhadap kanal digital CIMB Niaga.
Untuk menikmati layanan terbaru ini, nasabah cukup mengunduh aplikasi OCTO di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Pengguna lama OCTO Mobile cukup mengikuti petunjuk pembaruan di aplikasi agar User ID mereka dapat digunakan untuk mengakses website resmi OCTO di www.cimbocto.co.id. Sistem keamanan OCTO juga semakin canggih dengan autentikasi biometrik dan proses login yang lebih cepat, sementara nasabah baru dapat membuka rekening langsung dari aplikasi tanpa perlu datang ke cabang.
“Transformasi ini bukan hanya soal teknologi, tetapi tentang bagaimana kami mendekatkan layanan ke kehidupan nasabah. OCTO by CIMB Niaga adalah wujud komitmen kami untuk menjadi mitra finansial yang relevan dan adaptif, sekaligus menghadirkan layanan perbankan digital yang simpler, better, faster,” tutup Lusiana Saleh.(*/Red)

