Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKanwil Kemenag KalbarKubu rayaManasik Haji

Ini Pesan Kakanwil Kemenag Kalbar Kepada 325 Jemaah Haji Kubu Raya yang Ikuti Manasik Haji

KUBU RAYA, KP - Sebanyak 325 Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Kubu Raya mengikuti kegiatan Manasik dan Pelepasan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kubu Raya di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (6/5/2024) pagi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I menegaskan bahwa tujuan Manasik Haji ini adalah agar Jemaah Calon Haji lebih paham dan lebih siap untuk diberangkatkan ke Tanah suci, baik dari asfek Ibadah maupun Kesehatannya.

 

“Melalui manasik haji, jamaah dapat memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam tentang tata cara ibadah haji, syarat-syarat yang harus dipenuhi, serta tata tertib yang harus diikuti selama menjalani ibadah haji” jelas Muhajirin.

 

Mengingat Ibadah Haji merupakan Ibadah Fisik, maka Manasik Kesehatan menjadi penting untuk membantu jamaah mempersiapkan segala kebutuhan fisik atau Istitho’ah Kesehatan, mulai dari awal pemeliharaan Kesehatan sebelum keberangkatan, dalam perjalanan maupun saat berada di tanah suci.
“Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat maka jemaah harus menjaga pola makan,pola fikir dan terus malakukan latihan-latihan fisik yang sederhana, karena disana ditanah suci membutuhkan kondisi fisik yang baik” imbuhnya.


Menurutnya kondisi Jemaah calon Haji tahun ini lebih segar dan tampak sehat, hal ini tentu dampak dari kebijakan Menteri Agama agar sebelum melunasi biaya haji, Jemaah Calon Haji terlebih dahulu harus memeriksakan kesehatannya.


“Saya Yakin Jamaah Haji ini dapat melaksanakan Ibadah dengan baik dengan kondisi yang sehat dan siap untuk diberangkatkan sebagai danpak dari persyaratan kewajiban pemeriksaan kesehatan sebelum pelunasan” pungkasnya.


Pelaksanaan Manasik Haji tersebut dirangkai dengan acara pelepasan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kubu Raya oleh Pj. Bupati Kubu Raya Dr. H. Syarif Kamaruzzaman, M.Si, yang disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso, S.I.P, MH., Sekda Kubu Raya Yusran Anizam, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Kalbar H. Kamaluddin, M.Pd, Kepala Kemenag Kubu Raya H. Ruslan, MA dan Jajaran Staf Ahli Kab. Kubu Raya.


Acara pelepasan Jemaah Calon Haji Kubu Raya di tandai dengan penyeletan tanda Jemaah berupa Shal berwarna kuning bertuliskan Kubu Raya Kalbar, Penyerahan Bahan Seragam Jemaah khas Kubu Raya dan penyerahan Uang saku Jemaah sebesar Rp. 1.050.00 per jemaah.


Turut hadir mendampingi para Jamaah Calon Haji Kubu Raya Kepala Seksi PHU Kubu Raya beserta para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Kubu Raya, Petugas Kloter dan ASN dilingkungan Kemenag Kubu Raya.(*/Red)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad