Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKanwil Kemenag KalbarManasik HajiPontianak

Bimbingan Manasik Haji se-Kota Pontianak Digelar, Ini Pesan Kakanwil kepada Jemaah Haji dan Petugas Kloter

PONTIANAK, KP - Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I menghadiri acara Bimbingan Manasik Haji se-Kota Pontianak tahun 1445 H/2024 M di Gedung Serba Guna Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Senin (6/5/2024).
 

 


Dalam sambutannya, Muhajirin Yanis memberikan apresiasi kepada Pj. Walikota Pontianak yang hadir dan berkenan membuka kegiatan manasik haji pada hari ini. Kehadiran Pj. Walikota sebagai wujud dukungan terhadap penyelenggaraan ibadah haji agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Ucapan terima kasih juga diberikan kepada Kepala Kankemenag Kota Pontianak dan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang telah mengawal rangkaian persiapan mulai dari pelunasan jemaah haji, penyiapan dokumen paspor, penyiapan visa yang sedang berlangsung hingga penyiapan proses pemberangkatan nanti.

Muhajirin Yanis berpesan kepada jemaah haji Kota Pontianak agar tetap menjaga kesehatan fisik dan mentalnya karena haji adalah ibadah fisik yang membutuhkan banyak aktivitas fisik sehingga kesehatan yang prima sangat diperlukan.

"Saya berpesan kepada jemaah haji agar kembali menata niat dalam menunaikan ibadah haji. Jangan ada niat selain mengharapkan ridho dan pahala dari Allah SWT, apalagi hanya sekedar mencari titel haji atau pengakuan dari masyarakat, karena tujuan kita adalah menjadi haji yang mambrur," pesan Muhajirin.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-undang, kewajiban pemerintah adalah memberikan pelayanan terbaik agar jemaah haji dapat berangkat dan pulang dengan selamat dan menjadi haji mambrur dengan memberikan bimbingan, pelayanan, dan keamanan bagi jemaah dengan menyediakan petugas kloter, pembimbing ibadah dan petugas kesehatan pada setiap kloter yang dapat melayani jemaah sejak dari Indonesia, Arab Saudi hingga kembali ke tanah air.
"Patuhi semua aturan yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi karena kita adalah tamu disana. Perbanyak mengaji dan jangan banyak selfie," ujar Muhajirin disambut dengan tertawa jemaah yang hadir.

Bukan hanya jemaah yang mendapat arahan dari Kakanwil Kemenag Kalbar, petugas haji yang hadir pun diberikan petuah olehnya.

"Tagline haji tahun lalu dan tahun ini adalah "Haji Ramah Lansia", maka petugas harus memiliki modal sabar yang banyak dan tak berbatas dalam melayani jemaah haji, karena adanya petugas haji disebabkan oleh adanya jemaah haji, sehingga ibadahnya petugas haji adalah dengan bertugas," pesan Muhajirin.

"Petugas haji harus memiliki semangat "tugasku adalah ibadahku" sehingga wukufnya petugas adalah bergerak melayani jemaah haji, bukan berdiam diri," tegasnya.

"Petugas harus bekerja sama, saling menguatkan dan saling mengisi kekosongan serta saling mendukung. Bukan hanya jemaah haji yang harus memperbaiki niat, tapi petugas pun harus memperbaiki niat dengan mengutamakan melayani jemaah haji," pungkas Muhajirin mengakhiri sambutan.

Pj. Walikota Pontianak Drs. Ani Sofian, MM saat membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji se-Kota Pontianak berpesan kepada jemaah haji agar menjaga kesehatan dan tidak memaksakan diri dalam beribadah agar dapat selalu sehat saat berangkat, selama beribadah hingga kembali ke Kota Pontianak.

"Saya titipkan jemaah haji Kota Pontianak kepada para petugas haji baik ketua kloter, pembimbing ibadah, maupun dokter dan tim medis yang menyertai jemaah haji selama menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur," harapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Kamaludin, M.Pd, Kepala Kankemenag Kota Pontianak, H. Mi'rad, MAP, Pejabat di Pemkot Pontianak, Petugas Haji dan KBIHU yang menyertai jemaah haji Kota Pontianak di kloter 19, 20, dan 21 serta 637 jemaah haji Kota Pontianak yang direncanakan akan berangkat pada tanggal 30 dan 31 Mei serta 1 Juni 2024 dari Pontianak menuju Embarkasi Batam. (*/Red)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad