Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarPompakngSanggauYohanes Ontot

Rumah Betang Pompakng Kumbang Raya Diresmikan Wakil Bupati Sanggau

SANGGAU,KALBAR-Kapuaspost.web.id- Wakil Bupati Sanggau Resmikan Rumah Betang Pompakng Kumbang Raya bertempat di Dusun Sungai Kodang Desa Sungai Alai, Kecamatan Kapuas (11/05/2023).

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan pembangunan rumah betang ini dapat dijadikan sebagai pengingat sejarah dan untuk mengangkat kembali adat istiadat kita, bahwa tempo dulu orang tua kita tinggal dirumah betang secara bersama-sama dengan sangat rukun dan damai.


"Rumah betang  yang sudah dibangun ini di jaga dan di pelihara untuk perkembangan budaya dan pastikan masyarakat adat berkembang melalui  dewan adatnya, melalui para temenggung, pengurus adat lainnya, dan tentu di dukung oleh pemerintah desa dan jajarannya dan kecamatan semoga tempat ini bisa membangkitan semangat gotong royong. " kata Wakil Bupati. 


Wakil Bupati Sanggau yang juga sebagai ketua DAD juga mengatakan selama Pemerintah Paolus Hadi dan Yohanes Ontot (PH-YO) sangat mensuport pembangunan rumah betang atau rumah adat suku lainnya.


"Kami konsisten dan sangat perhatian dengan masyarakat adat, tidak hanya masyarakat adat dayak tetapi seluruh manyarakat adat yang ada di kabupaten Sanggau, artinya berbagai suku bangsa," ujarnya. 


Diakhir sambutannya Wabup berharap rumah  Betang ini dapat digunakan untuk belajar hal-hal yang berkaitan dengan seni budaya. Terus gali adat, seni budaya yang mungkin akan punah. Utamanya para generasi muda sekarang,”tegasnya.(*Ris-Laiman) 

Sumber: Diskominfo 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad