Post Top Ad

tcJUWhf

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarSanggau

Temuan Forum Wartawan & LSM Kalbar Indonesia Proyek Baru Selesai Sudah Roboh dan Ada Proyek Waktu Pelaksanaan Pekerjaannya Sudah Berakhir tapi Masih Dikerjakan

Sanggau,– Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan & LSM Kalbar Indonesia belum lama ini melakukan Investigasi lapangan ke beberapa lokasi pekerjaan konstruksi yang ada di Kabupaten Sanggau.


Investigasi tersebut dimaksudkan untuk meninjau atau melihat secara langsung pelaksanaan pekerjaan beberapa proyek pemerintah yang sedang dilaksanakan dan pekerjaan yang sudah selesai dilaksanakan.

Selain itu juga untuk mengecek kebenaran atas informasi dan keterangan yang disampaikan oleh masyarakat baik secara individu juga kelompok serta informasi dari berbagai sumber yang sudah dihimpun.

Libertus, salah satu tim yang ikut melakukan investigasi mengatakan, dari hasil dilapangan ternyata ada proyek pekerjaannya baru selesai dilaksankan tapi roboh.
Bahkan ada beberapa proyek yang nilainya milyaran rupiah, dimana waktu pelaksanaan pekerjaannya sudah selesai, tetapi masih dikerjakan.

Senada dengan Libertus  Sekjen FW&LSM Kalbar Indonesia   Wawan Daly Suwandi, mengatakan ketika melihat secara langsung mengenai pelaksanaan pekerjaan beberapa proyek pemerintah yang dibiayai dengan sumber dana oleh APBD Provinsi ataupun APBD Kabupaten, terdapat beberapa ketimpangan terutama mengenai waktu pelaksanaan pekerjaan.

Memang item pekerjaannya berbeda, tapi menurutnya tidak realistis karena sama-sama proyek bangunan. Hal inilah mungkin salah satu penyebab banyak proyek yang tidak mampu diselesaikan oleh kontraktor pelaksana .

Apakah hal ini akibat dari ketimampuan oknum kontraktor pelaksan ,atau karena adanya faktor lain?
Untuk saat ini, menurutnya belum saatnya bicara mengenai kualitas pekerjaan, akan tetapi pelaksanaan pekerjaan yang dipaksakan dan tergesa-gesa pastinya akan mempengaruhi terhadap hasilnya (kurang memenuhi standar mutu) apalagi pekerjaan kontruksi beton semestinya ada waktu dari item pekerjaan satu ke item pekerjaan lainnya orang teknik semestinya sudah paham danmengerti hal itu.

“Dilapangan kita temukan proyek bangunan yang roboh. Ini terindikasi proyek gagal karena ada dugaan indikasi tidak sesuai RAB atau indikasi dugaan kecurangan oleh kontraktor nakal,” ucapnya.

Sampai berita ini di publish beberapa kontraktor pelaksana dan pihak pihak terkait seperti PPK dan PPTK dari kantor dan dinas ,belum ada yang bisa diminta keterangan dan konfirmasinya. (1710)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad