Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Penasaran Dengan Motor yang Digunakan Mario Aji Pada Ajang Moto3, Ini Spek Lengkapnya

PONTIANAK - Untuk pembibitan pembalap muda, Honda memiliki sederet motor sport kelas 250 cc yang turun di berbagai ajang balapan.
 

 

Setidaknya ada tiga motor balap 250 cc dari Honda yang diandalakan saat ini. Mulai dari Honda CBR250RR di balapan Asia Road Racing Championship kelas AP250.
Lalu ada Honda NSF250R di arena balap Asia Talent Cup. Serta yang paling kencang dan diandalkan di kejuaraan dunia, Honda NSF250RW.
Nah, sekarang kita bahas Honda NSF250RW yang saat ini jadi andalan pembalap muda Mario Suryo Aji di ajang CEV Junior Moto3.
Disebut paling kencang dan sangar, karena tenaganya yang paling besar dibanding seluruh motor sport 250 cc Honda, serta top speed yang mencapai 250 km/jam.
Dari data yang dirilis Astra Honda Racing Team, Honda NSF250RW mampu menyemburkan tenaga hingga 54 dk per 14.500 rpm.
Jauh lebih bertenaga dari NSF250R yang memiliki daya sebesar 47,6 dk. Sebagai perbandingan lainnya, Honda CBR250RR SP standar bertenaga 40,4 dk.
Detail lainnya, mesin Honda NSF250RW bertipe silinder tunggal DOHC berpendingin cair 250 cc dengan ukuran bore x stroke 78 x 52.2 mm.
Meski hanya satu silinder, namun pipa gas buangnya memiliki tipe dual exit atau pembuangan ganda di bagian kolong yang kerap disebut knalpot undertail.
Sektor lainnya adalah sasis yang bertipe twin spar dengan sokongan swing arm alloy. Sementara fairingnya dibekali lubang hawa besar di depan.
Bagian belakangnya memakai buntut single seater yang lekuknya membulat dan disesuaikan dengan dudukan knalpotnya.
Suspensi depannya bertipe up side down 41 mm dan didukung dengan rem cakram model ganda di depan. Untuk bagian belakangnya, tertanam suspensi monosok dan rem cakram single untuk pengeremannya.
Ukuran ban Honda NSF250RW, berdiameter 17 inci dengan suplai tunggal dari Dunlop.
Terakhir ada peranti kelistrikan dan brand Dell Orto jadi pemasok tunggal untuk segala kebutuhan motor berbobot 82 kg ini.Mulai dari ECU, Data Acquisition hingga kabel dari komponen elektronik lainnya dipasok dari pabrikan asal Italia tersebut.

Prestasi Mario Suryo Aji

Sebagai catatan, motor tersebut sanggup memberikan hasil yang cukup baik bagi Mario Suryo Aji dalam melawan jagoan-jagoan dari berbagai belahan dunia.
Saat ini, Mario Aji sanggup bertengger di posisi ke-9 dari 33 pembalap muda di kelas CEV Junior Moto3 2021.Dari jadwal balap CEV Junior Moto3 2021, masih tersisa satu seri lagi yang berpotensi menaikkan posisi Mario Aji di kejuaraan tersebut. Yakni pada 21 November mendatang di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad