Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Fadillah Arbi Raih Pengalaman Istimewa Setelah Berlaga di Junior GP 2022

PONTIANAK - Fadillah Arbi Aditama, menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang JuniorGP 2022. Ia telah menuntaskan seri pertama di Sirkuit Estoril dan mengakhiri balapan di posisi ke-17.



Dengan hasil tersebut, Fadillah yakin bisa finis di zona poin pada balapan-balapan berikutnya. Musim 2022 sendiri, menjadi debut pembalap Indonesia, Fadillah Arbi Aditama, di ajang JuniorGP.

Arbi, sapaannya, menjadi wakil tunggal Indonesia, sekaligus menggantikan Mario Suryo Aji yang promosi ke ajang Moto3.

Seri Estoril menandai awal kiprah Arbi di JuniorGP. Sebagai pendatang baru, apalagi melawan barisan pembalap Eropa, perjuangan Arbi sama sekali tidak mudah.

Ia mengawali balapan seri pembuka, Minggu (8/5), dari posisi ke-26. Meski sempat melakukan kesalahan pada lap pertama, namun ia berhasil memperbaiki posisi dan finis P17.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembalap Astra Honda Racing Team tersebut menunjukkan penampilan solid dalam debutnya di JuniorGP.

"Balapan cukup sulit bagi saya karena saya start dari belakang," ucap Arbi.

"Saya melakukan kesalahan di Tikungan 1, kehilangan grip bagian depan (motor). Saya mencoba mengatur emosi dan ban saya, dan akhirnya saya bisa sedikit naik posisi," paparnya.

Dengan finis di peringkat 17, Arbi tidak jauh dari zona poin, yang dihuni 15 pembalap terdepan. Ia pun meyakini bisa menembus posisi 15 besar dalam balapan-balapan berikutnya, serta membawa pulang poin.

"Saya senang, karena saya mendapatkan banyak pengalaman dan saya tahu saya bisa memperebutkan poin di beberapa balapan berikutnya," tuturnya, optimistis.

Seri Estoril sendiri dimenangi oleh Tatchakorn Buasri yang mengalahkan wakil Spanyol, Jose Antonio Rueda.

Awalnya, Rueda finis pertama. Tapi lantaran melanggar track limit pada lap terakhir, ia dihukum turun satu posisi, dan Buasri pun dinyatakan pemenang.

Adapun putaran kedua JuniorGP 2022 akan digelar di Sircuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 22 Mei mendatang.

Fadillah Arbi Aditama adalah pembalap berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Dia merupakan alumni Astra Honda Racing School (AHRS) 2017 hingga 2019.

Sebelum turun ke FIM JuniorGP World Championship musim 2022, pembalap kelahiran 2005 ini pernah berlaga di Asia Talent Cup (ATC) pada 2021.

Sejak akhir Maret 2022, Arbi telah mempersiapkan diri dengan mengikuti program latihan khusus baik fisik maupun kemampuan balap, yang telah disiapkan tampil maksimal sepanjang tahun ini.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad