Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Berhasil Finish Posisi 17, Fadillah Arbi Merasa Terharu

PONTIANAK - Tuntas sudah penampilan perdana Fadillah Arbi Aditama dalam seri pembuka FIM JuniorGP World Championship, Minggu (8/5/2022).



Musim ini, Arbi, sapaan akrabnya, menjadi wakil tunggal Indonesia, sekaligus menggantikan Mario Suryo Aji yang dipromosikan ke kejuaraan dunia Moto3 bersama Honda Team Asia.

Circuito do Estoril menandai awal kiprah Arbi di JuniorGP, yang berganti nama dari sebelumnya CEV. Kali pertama berlomba dan harus melawan barisan pembalap Eropa tentu tak mudah. Belum lagi, masih harus menjalani adaptasi.

Beberapa rival yang dihadapi Arbi sebenarnya sudah tidak asing baginya. Nama-nama seperti Jose Antonio Rueda, atau rekannya di bawah naungan Junior Talent Team, yakni Tatchakorn Buasri, adalah lawan di Red Bull Rookies Cup.

Arbi memulai perlombaan seri pembuka JuniorGP Estoril dari grid start P26. Sebuah kesalahan sempat dilakukannya pada lap pertama. Namun, dia mampu bangkit, untuk kemudian mengklaim finis di urutan ke-17.

Pembalap Astra Honda Racing Team itu tampil solid dalam debutnya di JuniorGP, meski suhu tinggi di Sirkuit Estoril menjadi tantangan utama baginya. Tetapi pengalaman serta pelajaran berharga didapatkannya.

“Balapan cukup sulit bagi saya karena saya start dari belakang,” ucap Arbi pada pernyataan tertulis.

“Saya melakukan kesalahan di Tikungan 1, kehilangan grip bagian depan (motor). Saya mencoba mengatur emosi dan ban saya, dan akhirnya saya bisa sedikit naik posisi. Suhu panas juga tidak membantu.

“Namun, saya senang, karena saya mendapatkan banyak pengalaman dan saya tahu saya bisa memperebutkan poin di beberapa balapan berikutnya.”

Berbekal hasil balapan di Estoril, Fadillah Arbi Aditama dalam motivasi tinggi untuk menghadapi putaran kedua FIM JuniorGP World Championship di Circuit Ricardo Tormo, Valencia pada 22 Mei.

Adapun, balapan dimenangi Tatchakorn Buasri yang mengalahkan Jose Antonio Rueda. Awalnya, Spaniard finis pertama. Tapi lantaran melanggar track limit pada lap terakhir, Rueda dihukum turun satu posisi, Buasri pun dinyatakan pemenang.

Fadillah Arbi Aditama, adalah pembalap muda berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Dia merupakan alumni Astra Honda Racing School (AHRS) 2017 hingga 2019.

Sebelum turun ke FIM JuniorGP World Championship musim 2022, pembalap kelahiran 2005 ini pernah berlaga di Asia Talent Cup (ATC) pada 2021.

Sejak akhir Maret 2022, Arbi telah mempersiapkan diri dengan mengikuti program latihan khusus baik fisik maupun kemampuan balap, yang telah disiapkan tampil maksimal sepanjang tahun ini.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad