Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Bebas Lepas Tanpa Batas Dengan Honda Sonic

PONTIANAK - Honda Sonic 150R, tampil sangat sporty dengan variant warna yang sesuai karakter pengguna dari kalangan eksekutif muda.
Honda Sonic 150R hadir sebagai motor bebek sport yang bertenaga dan irit. Bagaimana spesifikasi dan harga dari pesaing Suzuki Satria F150 ini? Simak terus di bawah ini.


KehadiranHonda Sonic 150R merupakan langkah yang tepat dari Honda karena motor ini akan langsung berhadapan dengan Suzuki Satria F150 yang sudah lama menguasai pasar sport ringan 150cc.

Motor jenis ini banyak digemari oleh anak muda karena dengan bodi yang mungil, motor ini memiliki mesin yang cukup besar dan bertenaga.

Berbicara tentang nama motor ini, Honda Sonic memang pernah rilis di Indonesia namun tidak bertahan lama.

Honda Sonic 150R ini merupakan hasil pembaruan yang tidak mengecewakan karena dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, kita dapat menikmati teknologi teranyar Honda di Honda Sonic 150R ini.

Dengan modal mesin yang lebih bertenaga serta nama Honda yang sudah lebih dahulu besar dengan teknologi PGM-FI yang terbukti irit di Indonesia beberapa tahun belakangan tentu Honda Sonic 150R memiliki beberapa keuntungan walau merupakan motor keluaran baru.

Tentunya hal tersebut akan menguntungkan walau seandainya harga Honda Sonic 150R berada sedikit di atas Suzuki Satria F150.

Dari segi desain, Honda Sonic 150R hadir dengan lampu halogen dan jok yang dibuat bertingkat agar lebih nyaman saat digunakan berboncengan.

Bagian speedometer juga dibuat full digital dengan lampu indikator minyak pelumas, indikator lampu sein, dan indikator gigi netral.

Segi desain yang mirip dengan Suzuki Satria F150 mampu ditutupi Honda dengan memberikan Honda Sonic 150R lampu depan halogen yang dibungkus dengan rangka berbentuk V dan keseluruhan bodi yang dibalut striping yang atraktif ala Honda.

Sebuah motor yang membuat tampilan menarik adalah desainnya, terlebih lagi satu aspek ini menjadi penentu apakan sebuah motor akan laris di pasaran atau tidak.

Desain motor ayago atau kepanjangan dari ayam jago merupakan jenis motor bebek istimewa. Pasalnya desain yang diusung tak menyerupai motor bebek, lebih tepatnya setengah motor bebek dan setengahnya lagi motor sport.

Salah satu motor ayago Honda Sonic 150R menjadi penantang utama dari Suzuki Satria. Motor keluaran pabrikan Suzuki ini telah menguasai pasar motor ayago sudah sangat lama. Kedua motor ayago Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria pada dasarnya memiliki desain yang sama. Coba lihat dari sisi manapun pasti akan terlihat sama.

Hadir dengan desain sporty dan ramping membuat honda Sonic 150R sangat lincah digunakan berkendara. Apalagi secara keseluruhan fitur yang ada pada Honda Sonic 150R ditopang dengan fitur yang kekinian, seperti lampu LED dan panel digital pada spedometer. Dengan adanya fitur ini tentu pengalaman berkendara semakin menantang pengendara Honda Sonic 150R.

Motor ayago identik dengan motor balap yang memiliki spesifikasi mesin handal. Lalu bagimana dengan Honda Sonic 150R? sudah jelas bahwa motor Honda Sonic 150R ditopang dengan mesin yang mumpuni tangguh.

Karena sudah ditopang dengan mesin berkapasitas 150cc. Sedangkan untuk urusan mtipe mesin Honda Sonic 150R menggunakan mesin bertipe 4-langkah, DOHC, 4-katup.

Dengan mesin yang diusung Honda Sonic 150R tersebut dapat menghasilkan tenga maksimal sebesar 11.8 Kw pada 9.000 rpm. Sedangkan torsi maksimal yang dapat dicapai sebesar 13.5 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin, tenaga, dan torsi sudah mumpuni untuk sekelas motor ayago. Tetapi tidak hanya itu otolovers, Honda Sonic 150R menggunakan 6 percepatan yang tentunya semakin menunjang kehandalan motor Honda Sonic 150R.

Dengan desain yang ramping dan sporty membuat motor ayago Honda Sonic 150R lincah digunakan. Sehingga sangat cocok untuk digunakan berkendara pada kehidupan urban seperti sekarang ini. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena Honda Sonic 150R mempunyai panjang 1.944mm, lebar 669mm, dan tinggi 977mm.

Untuk menunjang kelincahan Honda Sonic 150R ini berat motor memang cukup ringan, dengan berat 114 kg. Berat motor yang ringan ini sebenarnya karena material rangka yang digunakan oleh Honda Sonic 150R.

Material tersebut adalah Twin Parimeter Frame. Sudah jelas bukan bahwa Honda Sonic 150R akan nyaman digunakan dalam keadaan lambat atau kencang.

Karena terbilang nyaman digunakan dari sisi mesin dan dimensi, tentu hal ini masih kurang. Pasalnya yang menentukan nyaman atau tidak sebuah motor tidak hanya itu. Faktor lainnya adalah suspensi yang digunakan Honda Sonic 150R.

Suspensi akan berperan besar saat berkendara di jalanan yang tidak rata. Karena benda satu ini akan meredam benturan yang ada antara ban dengan medan. Untuk Honda Sonic 150R menggunakan suspensi yang cukup menjanjikan.

Hal ini karena Honda Sonic 150R sudah menggunakan suspensi telescopic untuk suspensi depannya. Lalu untuk suspensi belakang menggunakan suspensi monoshock.

Kelebihan dari Honda Sonic 150R terbilang banyak. Apalagi motor satu ini mempunyai menjadi motor ayago yang jarang ada di Indonesia. Yang paling terkenal sebelum kedatangan Honda Sonic 150R adalah Suzuki Satria.

Lalu sebenarnya dengan kelebihan yang banyak tersebut apakah Honda Sonic 150R memiliki kekurangan?

Sudah jelas sebuah motor akan memiliki kekurangan. Untuk Honda Sonic 150R sebenarnya kekurangannya terletak pada fiturnya. Karena fitur yang ada pada motor ayago Honda Sonic 150R masih cukup kurang dalam era modern seperti ini. Jadi antara fitur dan desain Honda Sonic 150R agak tak berimbang.

Honda Sonic 150R tidak dapat dipungkiri memang membawa angin segar di pasar kendaraan roda dua di Indonesia. Suzuki Satria F150 yang sudah lama hadir tanpa adanya pesaing akhirnya kedatangan pesaing yang cukup berat yaitu Honda Sonic 150R ini.

Harga Honda Sonic 150R yang walau lebih mahal sedikit dari Suzuki Satria F150 tentunya terasa worth it karena fitur-fitur yang dibawanya serta tenaga yang lebih besar dan efisiensi bahan bakar dari mesinnya. Honda Sonic 150R sendiri telah lulus uji EURO3 dengan catatan sekitar 40km untuk satu liter bensin.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad