Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Ini Persiapan Yang Dilakukan Mario Aji Demi Debut Moto3 Emilia Romagna

PONTIANAK - Pembalap Indonesia yang membela Astra Honda Motor Racing Team (AHRT), Mario Suryo Aji, melakukan sejumlah persiapan sebelum melakoni debutnya di Moto3 Emilia Romagna akhir pekan ini.



Sebelum menjalani debutnya nanti, rider berusia 17 tahun itu berlatih untuk menempa kondisi fisiknya bersama sang pelatih, Pol Rueda.

“Bersama Mario kami banyak melatih kekuatan, ketahanan, dan pencegahan cedera,” ucapnya dalam video yang dirilis di kanal YouTube Astra Honda Racing Team.

Dalam persiapannya, Mario menggunakan electro-simulation untuk memaksimalkan hasil latihannya. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil latihan fisik selama satu jam sama dengan usahanya dalam tiga jam.

“Kami berlatih menggunakan sistem electro-simulation, program untuk melatih kekuatan secara spesifik, dengan hasil optimal tanpa pembesaran otot dan berguna saat balapan,” kata Rueda.

Pol Rueda juga mengungkapkan pendapatnya atas komitmen yang dimiliki Mario dalam menjalani latihan sebagai bekalnya menuju debutnya di Moto3.

“Mario senang berlatih keras. Dia benar-benar ingin berkorban untuk melakukan yang terbaik. Usianya masih sangat muda, namun sudah menunjukkan sikap bahwa dia menginginkan ini, dan dia berkomitmen pada apa yang dilakukan.

“Dia mengurus dirinya sendiri di rumah, tetapi juga istirahat dan makan dengan baik. Pada akhirnya, itu terlihat saat bersaing di kompetisi,” tuturnya.

Seusai menjalani sejumlah persiapan dan latihan fisik, Mario Aji juga melakukan refreshing dengan bermain di arena bowling untuk mengatasi ketegangan di sela padatnya latihan.

Mario melakukan sejumlah persiapan sebelum tampil di balapan debutnya di ajang Moto3 2021.

Sebagaimana diketahui rider Astra Honda Racing Team saat ini berkompetisi di FIM CEV Moto3. Namun ia mendapatkan kesempatan untuk debut di ajang Moto3 2021.

Melansir dari laman resmi MotoGP, rider berjuluk Super Mario itu akan tampil di Moto3 Emilia Romagna yang akan digelar di Sirkuit Misano, pada 22-24 Oktober 2021 akhir pekan ini.

Mario Suryo Aji diketahui mendapatkan wildcard untuk tampil di ajang tersebut. Istimewanya, wildcard itu tidak hanya ia dapatkan di Moto3 Emilia Romagna, tapi juga pada Moto3 Algarve yang digelar dua pekan kemudian pada 5-7 November 2021.

Pembalap kelahiran Magetan tersebut tampil di kedua ajang tersebut sebagai bagian dari line up yang diturunkan oleh Honda Team Asia.

Mario Aji pun melakukan sejumlah hal sebagai persiapannya agar bisa tampil apik pada balapan debutnya di ajang Moto3 akhir pekan ini.

Hal tersebut diketahui dari sebuah unggahan video di akun Instagram Astra Honda Racing Team, di mana Mario Suryo Aji berlatih dengan menggunakan motorcross jelang momen debutnya sebagai rider wildcard di Moto3.

Dalam keterangannya, Astra Honda Racing Team mengatakan bahwa Mario Suryo Aji melakukan tiga hal khusus sebagai persiapannya yakni menggenjot skill, handling dan stamina.

@mariosuryoaj1 melatih skill, handling dan stamina. Menghadapi kompetisi di kejuaraan dunia Moto3 mendatang, Mario ditempa dengan latihan yang makin intensif.

"Hari ini Mario dibawa ke Parcmotor Castellol√≠. Sebuah sirkuit yang menyuguhkan speed track, mx track dan dirt track. Untuk melatih handling, fisik dan stamina, Mario menggunakan motor Honda CRF 450 yang dimodifikasi khusus dirt track,” tulis Astra Honda Racing Team.

Bakal tampilnya Mario Suryo Aji di Moto3 Emilia Romagna dan Algarve, maka akan ada dua pembalap Indonesia yang bakal tampil bersamaan di ajang Moto3.

Sebelumnya, sudah ada Andi Gilang yang sudah tampil di Moto3 sejak awal musim ini bersama Honda Team Asia, usai diturunkan dari kelas Moto2. Maka akan sangat menarik untuk menyaksikan ada dua pembalap Indonesia yang akan tampil di ajang balap bergengsi.

Sebagaimana diketahui, Mario Aji saat ini berkompetisi di FIM CEV Moto3 Junior World Championship. Dia bakal mendapat kesempatan wildcard untuk mengikuti kejuaraan dunia di kelas Moto3.

Pembalap yang dijuluki Super Mario itu akan memulai debutnya di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada 22-24 Oktober.

Selanjutnya, ia juga akan menjalani balapan Moto3 di Sirkuit Algarve, Portugal, pada 7 November mendatang. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad