Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

Kalbar

Klinik Bersama Singkawang Kini Melayani Test PCR

SINGKAWANG - Kini Singkawang memiliki tempat alternatif untuk melakukan tes PCR yaitu berada di Klinik Bersama Singkawang, sebelum ini tempat untuk melakukan test PCR hanyalah di RSUD Abdul Azis Singkawang.
 
 

Peresmian Laboratorium PCR Klinik Bersama Jalan Ratu Sepudak, Kelurahan Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara ini dilakukan oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE. MH. dan turut dihadiri oleh Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalbar, DR. H. Edy R. Yacoub, M.Si.
"Laboratorium PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus," kata Tjhai Chui Mie.
"Sedangkan untuk beberapa fasilitas kesehatan lainnya yang melakukan swab, apabila kapasitas Laboratorium PCR RSUD Abdul Aziz sudah tidak mencukupi, maka uji sampel akan dialihkan ke Laboratorium Pontianak," ujarnya.
Dengan keberadaan Laboratorium tes PCR di Klinik Bersama tentunya hasil tes PCR yang tidak cukup dilakukan di RSUD Abdul Azis bisa tertangani dengan lebih cepat.
"Dengan sudah diresmikannya Laboratorium PCR di Klinik Bersama ini, tentunya akan menjadi tambahan kekuatan bagi Pemkot Singkawang untuk membantu dalam melakukan testing dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Singkawang," ungkap Tjhai Chui Mie lebih lanjut.
Dengan posisi yang berada diantara Kabupaten Sambas dan Bengkayang, kehadiran Lab PCR di Klinik Bersama bisa menjadi bantuan dalam upaya 3T untuk mengatasi lonjakan di Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Bengkayang.
"Dengan adanya Laboratorium PCR di Klinik Bersama tentu bisa menjadi alternatif untuk masyarakat. Dimana saat ini banyak aturan yang menjadikan hasil Swab PCR sebagai syarat keikutsertaan dalam kegiatan," jelasnya.
Sehingga hasil pemeriksaan lebih cepat diketahui karena sampel bisa langsung diuji tanpa harus dikirim ke luar kota lagi. Hal tersebut juga perlu menjadi perhatian oleh pimpinan Klinik Bersama untuk menjaga tingkat sterilisasi Laboratorium dan SDM yang mumpuni serta memahami bagaimana teknis atau langkah-langkah yang harus dijalani dalam operasional Laboratorium seperti ini.
"Karena dengan adanya fasilitas Laboratorium PCR ini tentu dapat memberikan banyak fungsi lain karena PCR tidak hanya dapat digunakan untuk mendeteksi Covid-19, tetapi juga dapat mendeteksi berbagai macam penyakit lainnya seperti Hepatitis, HIV dan lain-lain,"(Rif)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad