Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

Kalbar

Seksi Psikologi Lanud Supadio Lakukan Pendampingan Psikoedukasi Satgas Covid-19

KUBU RAYA - Sub Seksi Seksi Perubahan Perilaku Psikologi Pangkalan TNI AU (Lanud), terus melaksanakan pendampingan Psikoedukasi, yang merupakan bagian tugas dari tugas Satgas Covid-19.
 

 

Pendampingan ini, dilaksanakan setelah apel pagi, yang kegiatannya diatur menyesuaikan jadwal yang sudah disusun. Adapun sasaran pendampingan ini adalah seluruh satuan yang ada di Lanud Supadio.
Menurut Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Psikologi Lanud Supadio, Lettu Kes Reni Nurhayati, S. Psi., M. Psi., Psikolog, pendampingan ini memiliki tujuan agar seluruh Jajaran dan Anggota Lanud Supadio tetap alert dan penuh kesadaran dalam melaksanakan Protokol Kesehatan.
“Orientasi akhirnya adalah guna menekan meningkatnya angka penularan Covid-19, khususnya di Lanud Supadio,” kata Lettu Kes Reni.
Dengan pendampingan yang massif, lanjutnya, maka diharapkan seluruh jajaran landu Supadio, bisa memahami dan menerapkan perubahan perilaku dalam kehidupan sehari-hari di tengah Pandemi Covid-19 ini.
Adapun jajaran yang sudah mendapatkan Psikoedukasi Satgas Covid-19 yang isinya tentang pemahaman penerapan Protokol Kesehatan secara ketat di mana saja berada, di antaranya adalah pertama Dinas Personel, yaitu pada Senin, 16 Agustus 2021.
Kemudian anggota di Dinas Logistik, pada Rabu, 18 Agustus 2021. Selanjutnya
Dinas Khusus, Kamis, 19 Agustus 2021. Lalu Satuan Polisi Militer, pada Jumat, 20 Agustus 2021. Dilanjutkan Dinas Operasi pada Senin, 23 Agustus 2021.
“Pendampingan juag dilakukan pada personel Wing 7, pada Selasa, 24 Agustus 2021. Lalu Skadron Udara 1, Rabu, 25 Agustus 2021, dan Skadron Udara 51, pada Jumat, 27 Agustus 2021,” paparnya.
Lettu Kes Reni menjelaskan, adanya perubahan perilaku, di mana personel dan anggota akan lebih bijak saat berada di tempat-tempat umum atau saat berhubungan dengan orang lain, akan tampak setelah seminggu diberi pemahamanan saat pendampingan.
“Perubahan perilaku, akan tampak usai sepekan pendampingan. Di mana anggota dan personel semakin memahami pentingnya Protokol Kesehatan, di antaranya tetap memakai masker di saat ngobrol atau pun pada kegiatan lain,” ujar Lettu kes Reni.
Sementara ini, Lettu kes Reni masih melakukan observasi dari hasil pendampingan ini. Namun, yang sudah mendapat hasil secara detail untuk memperhatikan behavior masing-masing adalah Dinas Personel dan Dinas Khusus.
“Dinas Khusus sudah ada perkembangan, di mana anggota dan personel sudah semakin bijak, indikatornya adalah berkurangnya anggota yang menurunkan masker saat berbicara. Yang pasti ada perubahan, di mana anggota semakin sadar menggunakan masker sebagai pelindung diri dan lingkungan saat berinteraksi dengan orang di sekitarnya,” pungkas Lettu Kes Reni. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad