Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Ini Posisi Berkendara Yang Nyaman Menurut Astra Motor Kalbar

PONTIANAK - Mengendarai sepeda motor harus memperhatikan berbagai faktor. Salah satunya adalah mengatur posisi tubuh yang akan berpengaruh terhadap kenyamanan selama perjalanan.



"Kita harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh kita ketika berkendara cukup baik dan ideal sehingga akan terasa nyaman dan maksimal," kata Febri Adrian, Safety Riding Instruktur Astra Motor Kalbar.

Menurut Febri, ada beberapa pengaturan posisi tubuh menjaga keseimbangan dan kenyamanan, di antaranya:

1. Jari tangan

Posisi jari tangan tetap mengepal pada stang kemudi, tidak disarankan posisi jari tangan standby pada rem depan saat berkendara.

"Jika dua jari tangan standby di rem depan, akan menimbulkan potensi bahaya karena putaran gas tidak tertutup dengan maksimal sehingga mengakibatkan titik pengereman menjadi lebih jauh," ujarnya.

2. Posisi instrument stang

Pemotor juga harus memperhatikan posisi tombol atau saklar instrument pada stang kemudi sekali-sekali. Misalnya pastikan tombol lampu depan jarak dekat yang berfungsi dan matikan kembali lampu sein bila sudah berbelok.

3. Posisi tangan

Posisi tangan disarankan untuk tidak lurus, namun tangan bagian sikut sedikit menekuk. Hal ini berfungsi untuk membantu menstabilkan tubuh kita pada saat melewati jalan bergelombang atau berlubang agar pengendara dapat mengontrol stang kemudi dengan nyaman.

4. Melihat sekeliling

Pandangan mata sebaiknya melihat ke sekeliling agar pengendara dapat mengetahui kondisi lingkungan jalan raya yang dilalui.

Selain itu, posisi mata saat berbelok atau menikung harus melihat ke akhir tikungan untuk dapat mengetahui jika ada potensi bahaya.

"Tidak hanya itu, cara mengontrol stang kemudi yang baik adalah memegang stang kemudi dengan kuat agar saat adanya guncangan di jalan yang bergelombang pengendara dapat mengontrol dengan baik," imbuhnya.

Pengendara juga harus memperhatikan kondisi sepeda motor khususnya di area bagian depan, seperti stang kemudi, fork, sampai dengan roda depan agar dapat memaksimalkan kontrol saat berkendara.

"Dengan sistem kemudi yang maksimum, keinginan kita untuk melaju dan bermanuver di jalan menjadi lebih baik, nyaman dan aman," katanya.

5. Posisi Tubuh Tegak Dan Rileks.
Artinye kita tu mesti santai jak naek Honda tu, tak usah miring sanak miring sinik.

6. Posisi Lengan Jangan Terlalu Lurus.
Biar tak mudah capek, karena lengan yang terlalu lurus, di tekuk sedikit lengannya

7. Gunakan Semua Jari Untuk Menggenggam Tuas Stang.
Ini untuk kenyamanan pengereman, dan juga menggunakan semua jari merupakan standar utnuk keamanan dalam berkendara.

8. Posisi Lutut Rapat Ke Arah Depan.
Lutut diarahkan lurus ke depan, buka ke samping ape lagi melebar sampai kebelakang.
Ini bertujuan untuk melindungi badan kite kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Posisi Duduk Yang Pas (Pinggul Berada Tepat Di Atas Jok)
Duduk dengan posisi yang benar dan pas, yang enak di atas jok motor, jangan nak ngade-ngade duduk diatas knalpot, panas. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad