Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

KalbarSekitar Kita

Turut Lestarikan Budaya, Babinsa Kelurahan Sijangkung, Ritual Adat Dayak Naik Dango

SINGKAWANG - Minggu (30/5/21) Babina Kel. Sijangkung Kec. Singkawang Selatan Koramil 1202-08/Singkawang Selatan Sertu Serofikus, menghadiri undangan upacara ritual Adat Naik Dango Kota Singkawang yang diselenggaran oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang di Rumah Radang Jln. Baru Norio RT. 003 RW. 001 Kel. Sagatani. 
 
 
Prosesi adat Naik Dango merupakan bentuk aktualisasi kearifan lokal dan tradisi tahunan yang masih dikenal di kalangan masyarakat suku Dayak Kanayat. Secara tradisional tradisi ini dilaksanakan dalam masyarakat Dayak Kanayat setelah panen padi uma (sawah) usai, yaitu antara bulan April sampai dengan bulan Mei pada setiap tahunnya sebagai ritual syukur dan menghargai anugerah Sang Pencipta.
Bapak Drs. Stepanus selaku Ketua DAD Kota Singkawang mengatakan upacara adat istiadat tradisi masih sangat kental dilakukan oleh suku Dayak di Kalimantan Barat khususnya Kota Singkawang, ada pun maksud kegiatan upacara adat tersebut, bertujuan untuk wujud doa syukur kepada Tuhan. Tuturnya.
“Adat istiadat ini wujud dari kebudayaan kita, dan ada usur-unsur positif ,diantaranya sistem religi (kepercayaan agama), sistem ilmu pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau kekerabatan,” Tutup Stepanus.
Babinsa Kelurahan Sijangkung mewakili Danramil 1202-08/Singkawang Selatan Sertu Serofikus sangat mengapresiasi dan menghormati tradisi pelepasan adat dan ini yang merupakan kearifan lokal yang harus tetap dijaga dan dilestarikan sebagai adat budaya yang memiliki banyak manfaat bagi warga masyarakat.
"Saya sangat mengapresiasi perayaan Naik Dango oleh masyarakat Dayak Kanayat di Kel. Sijangkung Kota Singkawang ini karena memberikan manfaat yang besar dan berdampak positif dalam aspek sosial, budaya, dan ekonomi bagi masyarakat," ucapnya.
"Harus tetap dipertahankan dan dilestarikan karena banyak terkandung nilai-nilai budaya luhur yang diwariskan secara turun-temurun, karena budaya sebagai identitas sebuah bangsa," pungkas Babinsa.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad