SLIDER

header ads

Beberapa Varian Warna Lama Dihilangkan Karena Varian Warna Baru Honda Genio

PONTIANAK - Setahun selang peluncurannya, Honda Genio sudah kedapatan penyegaran. Tak ada ubahan masif, lantaran PT Astra Honda Motor (AHM) hanya menerapkan skema baru menyoal padu padan kelir serta decal. Sepakat bila dikatakan penampilannya casual dan enerjik. 


 

Namun, ada opsi yang hilang dari penawarannya sekarang. Ketersediaan variannya kini hanya empat warna saja. Meliputi: Radiant White Silver, Radiant Red Black, Radiant Silver Black, dan Radiant Brown Black.
Jumlah ini tentu berbeda dari penawaran awal kala Genio lahir, 2019 lalu. Pada tipe CBS, kala itu terdapat lima pilihan kelir terdiri dari Smart Black, Smart Black Red, Smart Red, Smart Silver dan Smart White Blue. Terlihat, varian berwarna merah hilang pada Honda Genio 2020. Meski begitu, kedinamisan khas anak muda makin terpancar lewat penyajian stripe anyar yang menghiasi area tebeng dan samping bodi. Ada pula sajian menarik, terutama pada varian White Silver dan Brown Black. Mulai dari cover bodi pada ruang kaki serta joknya dilabur dengan warna coklat.
Ada aura retro namun tetap stylish. Sementara di Genio CBS-ISS, tawaran demikian hanya tersedia di varian Fabulous White saja. Diferensiasi tentulah pada decal. Di bodi samping bak tepong itu, tulisan Fabulous mengambil porsi paling besar. Berbanding terbalik dengan nama model (Genio) yang ditempatkan pada ujung belakang.
Namun jadi lebih mudah mengenali Genio CBS-ISS bukan? Di tipe tertinggi ini, AHM juga menyediakan warna lain yaitu Fabulous Red, Fabulous Matte Brown dan Fabulous Matte Black.
Pilihan ini bahkan sebelumnya menawarkan enam pilihan warna: Trendy Black, Trendy Black Red, Trendy White, Trendy White Blue, Trendy White Red dan Fabulous Matte Black. Tapi, opsi itu kini berkurang menjadi empat warna saja. Total ada delapan varian ditawarkan AHM terhadap Genio. Untuk harga, masing-masing dibanderol Rp 17,68 juta untuk Genio CBS dan Rp 18,15 juta terhadap Genio CBS-ISS.
"Kami berupaya mengikuti perkembangan tren generasi muda saat ini. Tampilan Honda Genio yang semakin atraktif mewakilkan ekspresi anak muda yang ingin tampil beda, dengan tetap ditunjang performa, fitur dan kenyamanan yang sesuai dalam mewujudkan kesenangan berkendara,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM dalam rilis.
Honda Genio sendiri mengisi ruang antara Honda BeAT (paling murah) dan Honda Scoopy (paling mahal). Walau demikian justru Genio lah pionir kebaruan teknologi Sayap Kepak. Rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) yang notabene dibangun pertama kali untuk rancang bangunnya.
Ini pula rumusan untuk mereduksi bobot total motor, pasalnya sasis baja tersebut hanyalah berbobot 11 kg saja. Tereduksi jauh ketimbang penggunaan sasis model pipa besi. Toh, buktinya, sekarang aplikasi tadi menyasar pula kepada Honda BeAT.
Dampak positifnya tentu saja dalam hal stabilitas. Belum lagi manfaat berupa optimasi volume bensin lantaran punya tangki berkapasitas 4,2 liter. Lalu bagasi 14 liter, plus power outlet untuk mengisi daya ulang gawai.
Rangka dan mesin GenioTermasuk mesin. Jantung mekanik Honda Genio lebih kompak-berbeda dengan mesin 110 cc generasi lama. AHM meyakini dengan bentuk demikian (lebih kecil), kinerja mesin semakin optimal.
Bila dibandingkan Honda Beat lama, berat blok mesin Genio lebih enteng 10 persen. Kinerja penghasil daya lantas didukung langkah piston lebih panjang dan kompresi tinggi.
Termasuk pula sokongan belt jenis W-Cog. Berkat kombinasi itu, Honda Genio mampu menorehkan daya 8,8 Hp/7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Lagi-lagi mesin berstandar Euro 3 ini diadopsi kembali oleh BeAT terbaru.
Catatan akselerasi Genio pada 0-200 meter, dicapai dalam waktu 12,4 detik. Kecepatan maksimal nya adalah 94 km/jam. Konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on), diklaim mampu menempuh jarak hingga 248 km ketika tangki bensin terisi penuh.
Sebagai informasi, Genio sudah menggunakan pula ACG starter sebagai pendukung fitur menyala-matikan mesin otomatis. Dan dengan begitu pula, proses starter tidak berisik. Menyoal bobot, Genio CBS memiliki berat tubuh 89 kg, sedangkan CBS-ISS 90 kg. (*)


Posting Komentar

0 Komentar