Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Kalbar

Temajuk Surga Diujung Kalbar

SAMBAS – Daerah di ujung negeri yakni Temajuk Kecamatan Paloh, memiliki potensi wisata alam berskala Internasional. Dalam mewujudkannya, dukungan semua pihak sangat diharapkan, termasuk dari pemerintah desa setempat.
“Temajuk memiliki potensi berskala internasional. Ini harus dikelola secara baik. Pemerintah Kabupaten Sambas dengan dukungan pemerintah pusat dan Provinsi Kalbar akan memberikan perhatian untuk mewudjudkan Temajuk sebagai tempat wisata alam skala internasional,” kata Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili.
 
Salah satu sisi dari Temajuk

Pemkab Sambas, akan berupaya sebaik mungkin untuk menindaklanjuti perhatian-perhatian yang dikucurkan dari pempus dan pemprov. “Temajuk kedepannya harus semakin mudah dikelola. Bagaimana kedepannya, ada kemudahan-kemudahan yang diberikan bagi pemangku kepentingan sektor pelayanan publik dalam upaya meningkatkan sektor kepariwisataan didaerah tersebut,” katanya.
Atbah juga mendorong, pemerintah desa harus memiliki terobosan untuk mendorong masyarakatnya melakukan pembenahan dalam rangka mendukung kemajuan sektor wisata.
“Temajuk mendapat banyak perhatian. Potensinya luar biasa. Bisa menjadi tempat wisata alam primadona. Insya Allah pemerintah akan melakukan langkah-langkah terbaik, termasuk pihak desa juga terus berbenah agar Temajuk semakin mudah dikelola,” katanya.
Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat melaksanakan kunjungan kerja ke Temajuk belum lama ini menyampaikan daerah perbatasan antar negara yakni di Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, rencananya akan dikembangkan menjadi kawasan pariwisata nasional.
“Pemerintah, merencanakan kawasan Temajuk akan dikembangkan menjadi kawasan pariwisata nasional. Diharapkannya masyarakat untuk mendukung. Khususnya dalam keamanan, dukung Pos Pamtas karena cukup berat tugasnya harus bisa mengawasi setiap saat orang orang yang melintas batas,” kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.
Disampaikan, adanya rencana tersebut, dukungan dari masyarakat sangat diperlukan. “Masyarakat harus siap mendukung program pemerintah. Kami dari Kodam XII/Tpr tentunya siap mendukung apa-apa yang sudah direncanakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” katanya.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ir H Fery Madagaskar Msi menyebutkan Kabupaten Sambas juga punya potensi pariwisata seperti pantai-pantai di Bali, yakni di Temajuk Kecamatan Paloh. Tinggal, bagaimana cara mengelolanya, dikemas dengan baik, dipromosikan secara masif, diyakini Temajuk akan menjadi destinasi wisata yang diperhitungkan.
Bahkan, saat kaji terap pariwisata di Bali, Sekda menyebutkan, kondisi pantai di Pulau Bali hampir sama dengan yang ada di Temajuk. “Pantai Kuta di Bali misalnya, Sambas memiliki potensi yang mirip yakni pantai-pantai yang ada di Temajuk,” katanya.
Namun, dikatakan Sekda, diperlukan banyak dukungan mengelola pariwisata Kabupaten Sambas, termasuk dari pusat. Terlebih, Pantai Temajuk di Kecamatan Paloh dan sekitarnya sekarang ini sudah mulai dikenal wisatawan terutama domestik. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad