SLIDER

header ads

Paten Baru, Honda Bakal Pasang Suspensi Mobil di Motor

PONTIANAK - Honda disebut-sebut akan mengaplikasikan suspensi mobil di lini produk motornya. Informasi ini diketahui dari bocoran dokumen paten sketsa motor yang diunggah oleh website otomotif Jepang Kojintekibikematome.
 
Paten Baru Honda
 
Dalam sketsa paten yang dirilis itu, tampak dua model yang dibocorkan yakni naked bike CB1100 Series dan bebek adventure CT125 Hunter Cub.
Kedua sketsa motor Honda itu menggunakan struktur suspensi depan double wishbone. Sebagai informasi, suspensi jenis ini umumnya digunakan di mobil.
Beda dengan suspensi jenis teleskopik yang langsung bertumpu pada as roda, suspensi double wishbone dipasang di bagian bawah setang, dengan posisi agak tegak. Desain suspensi double wishbone untuk motor ini tentunya berbeda dengan suspensi double wishbone yang digunakan di mobil ya.
Suspensi double wishbone disebut lebih baik dalam mengurangi beban mengemudi, terutama saat dilakukan pengereman. Sebab bobot tidak terlalu bertumpu di area depan.
Selain itu suspensi jenis ini juga diklaim bisa meminimalisasi efek getaran ke setang saat motor dikendarai, sehingga tidak membuat cepat lelah penggunanya.
Menarik melihat seperti apakah desain suspensi ini jika nantinya benar-benar diaplikasikan ke produk motor massal Honda.(*)

Posting Komentar

0 Komentar