SLIDER

header ads

CB750 Diperkenalkan Oleh Honda, Motor Unik Tanpa Kopling

PONTIANAK - Bukan matik bongsor, kali ini Honda memperkenalkan motor matik batangan dengan menggendong mesin 750cc. Langkah Honda ini kembali dilakukan setelah pernah memperkenalkan model yang hampir mirip sama pada 1976 yang disapa CB750A Hondamatic. Kini Honda motor kembali mengajukan hak paten terbaru Honda CB750 tanpa kopling alias menjadi motor batangan matik.
 
Sketsa CB750

Dikutip motorcycle, Hondamatic terbaru ini diklaim bakal menawarkan kemudahan pengendara untuk bisa merasakan kinerja sportbike dengan mengganti kopling dengan konventer torsi sama seperti yang digunakan mobil matik.
Baca juga: Daripada Tawuran, Siswa SMK Ini Pilih Racik Honda GL Jadi Motor Custom
Dikatakan motor ini memiliki 2 percepatan yang memungkinkan pengendara bisa memilih rasio tinggi atau rendah, yang dikendalikan dengan pedal konvensional.
Selanjutnya dikatakan motor ini memiliki desain baru dengan seperangkat kontrol yang sama (dengan perpindahan gigi yang dioperasikan dengan kaki tetapi tidak ada tuas kopling), tetapi mempertahankan gearbox enam percepatan (gigi) yang sama dengan seperti CB1100 agar tidak kehilangan kinerja.
Honda CB750 matikHonda CB750 matik Foto: Pool (motorcyclenews)
Dikatakan kopling yang menggunakan aktuator elektro-hidrolik yang dikendalikan komputer, dipasang tepat di atas mesin, alih-alih tuas yang dipasang di batang. Reservoir clutch dipasang secara konvensional pada palang untuk memudahkan pengecekan dan pengisian.
Sejumlah input termasuk sensor untuk kecepatan, putaran, posisi gigi, dan posisi throttle dihubungkan dengan sensor yang memantau tekanan pada tuas persneling. Pada dasarnya sama dengan quick-shifter atas-dan-bawah yang modern, tetapi dengan kopling otomatis.

Posting Komentar

0 Komentar