SLIDER

header ads

Grazia 125 Nama Matic Terbaru Honda

PONTIANAK - Bukan lagi hal janggal bagi masyarakat Indonesia, membeli skutik Rp 15 juta ke atas. Parameter itu malahan yang termurah. Bakal lebih mahal lagi jika memilih kelas 125 cc seperti Vario. Di India lain cerita. Honda baru saja membocorkan tampang Grazia 125 terbaru, dengan fitur berlimpah dan prediksi harga sekitar Rs 70.000, atau sekitar Rp 13 jutaan.
 
Teaser Honda Grazia 125

Kanal resmi Honda 2-wheeler India mengunggah video singkat soal sosok baru ini. Belum benar-benar terekspos memang, melainkan hanya siluet serta beberapa highlight fitur baru. Hampir semuanya terkamuflase bayangan hitam,
Namun ada satu yang tergambar jelas. Meski menjadi saudara dekat Vario, justru garis fasad tampak serupa dengan Beat generasi anyar. Terutama lampu. Dipasang mika V-shape dengan tata letak persis: Sein berada di atas, sementara lampu senja menjembatani headlight bercahaya dioda.
Pembedanya hanya di cover panel meter, atau biasa disebut batok. Beat lokal sama sekali tak menghias area ini. Sementara Grazia diberi pemanis semacam reflektor, atau boleh jadi LED DRL bermodel split. Unik.
Sayangnya hanya itu yang bisa diprediksi, bagian lain sama sekali tak dapat diimajinasikan. Besar kemungkinan, panel samping dan belakang masih mewariskan gurat lama. Alias berkomposisi gambot dan lebar.
Di samping desain, Honda turut memamerkan teknologi baru yang bakal dipakai. Informasi di dashboard kini sudah full digital, bermodel terpisah. Menggantikan peran jarum mekanik versi lama. Dan sajian datanya lengkap. Bukan speedometer, takometer, serta fuel gauge saja. Tertera penunjuk waktu, dua trip meter, serta konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time. Layaknya Vario yang dibanderol Rp 20 jutaan.
Belum usai, Idling Stop System (ISS) yang sebelumnya absen ikut hadir. Kita tahu, perannya cukup penting dalam mengefisiensi penggunaan bahan bakar. Hampir semua lini skutik Honda telah menerapkan sistem ini. Dan menjadi fitur wajib di produk baru. Termasuk mekanisme ACG , sang pembisu suara starter.
Terlepas Honda menyegarkan rupa dan fitur Grazia, agenda besar lain adalah penyempurnaan emisi. Ia menjadi satu-satunya yang belum memenuhi regulasi BS6. Sehingga dipastikan ada perubahan teknis di area dapur pacu.
Belum diketahui spesifikasi kongkritnya. Tapi beberapa prediksi mengatakan Grazia meminjam jantung milik Activa 125. Dan hal ini tak begitu menarik. Karena performanya kalah jauh di bawah Vario, bahkan dengan Beat saja tak lebih baik.
Platform Activa memiliki kubikasi bersih 124 cc SOHC injeksi. Catatan outputnya 8,1 Hp serta torsi puncak 10,3 Nm. Kecil untuk ukuran kelas 125 cc.(*)

Posting Komentar

0 Komentar