SLIDER

header ads

Tips Rawat Honda Vario Supaya Tetap Ok Saat PSBB

PONTIANAK - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kendaraan seperti sepeda motor jadi jarang dipakai. Tapi meski lebih sering di garasi, motor tetap butuh perawatan.
Salah satu komponen utama yang perlu dijaga adalah aki. Komponen satu ini bertugas menyimpan energi listrik yang mana salah satu tugasnya yaitu untuk menghidupkan mesin motor.
 
Rawat motor di AHASS

Agar aki motor tetap memiliki kualitas yang baik, berikut empat saran dari PT Astra Honda Motor (AHM) dalam melakukan perawatan aki motor. Yang pertama adalah memanasi motor.
Cukup memanasi mesin sepeda motor di rumah tanpa harus dikendarai, hal ini dapat dilakukan secara berkala yakni sehari sekali dan ini sangat penting untuk menjaga kualitas aki maupun mesin sepeda motor.
Memanaskan mesin juga tidak butuh waktu terlalu lama cukup tiga sampai empat menit.
Dengan kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik.
Kemudian kedua, cek aksesori, apabila adanya pemasangan aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi listrik, perlu diperhatikan saat melakukan pemasangan dengan memastikan sumber arus listrik yang akan digunakan.
Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor.
Lalu, yang ketiga adalah cek level aki basah. Bagi pada pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah debit air aki.
Pada komponen aki, terdapat tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower. Jika sudah berada di bawah (lower) maka air aki perlu ditambah.
Periksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah.
Keempat, jangan langsung beli baru. Aki yang mengalami masalah seperti soak bukan berarti harus memutuskan membeli aki yang baru, namun perlu juga dicek sistem pengisian daya listriknya.
Sering terjadi anggapan bahwa aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki.
Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya disepeda motor.(*)

Posting Komentar

0 Komentar