SLIDER

header ads

Rangka eSAF, Teknologi Rangka Terbaik yang Ada Di Sepeda Motor Honda

PONTIANAK - Honda BeAT series, sebagai produk terbaru PT Astra Honda Motor (AHM), sudah menggunakan teknologi rangka Enhandced Smart Arcitecture Frame (eSAF). Ini lah teknologi teranyar Honda, yang membedakan dari produk sepeda motor lainnya.
 
Rangka eSAF
 
Teknologi eSAF, akan membuat Honda BeAT, semakin lincah berkendara. Frame berteknologi baru ini, membuat Honda BEAT mudah dikendalikan di segala kondisi jalan.
Adanya rangka eSAF, yang merupakan salah satu bentuk pembaruan dari Honda, pada rangkaian sasis. Rangka Honda BeAT ini, sebelumnya telah ditanamkan pada Honda Genio.
AHM menyebut rangka eSAF merupakan sasis baru yang diadopsi oleh skutik-skutik Honda. Sehingga Honda BeAT merupakan Skutik kedua Honda, yang memakai teknologi sasis tersebut. Sebelumnya adalah Honda Genio, yang merupakan kakak dari Honda BeAT.
Setidaknya, ada tiga keunggulan rangka eSAF, yaitu cocok, ringan dan gesit. Sasis ini lebih tahan dari defleksi (pembengkokan) saat dikendarai. Menghadirkan pengendalian yang lebih mudah, gesit dan juga kompak waktu dikendarai.
Melihat susunannya, maka rangka eSAF pada dasarnya mengadopsi teknologi ala sasis mobil. Rangka jenis seperti ini di mobil biasa disebut monocoque chassis atau sasis monokok, yakni sasis yang juga berfungsi sebagai cangkang. Paling terlihat yaitu bentuk rangka eSAF kini minim sambungan.
Bentuk rangkanya juga tidak bulat seperti pipa, tapi dari pelat yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya.
Selain itu bentuk rangka eSAF juga lebih sederhana. Sekilas bentuknya betul-betul menyerupai sosok bebek. Sebab rangkanya hanya terdiri dari rangka utama (underbone) dan tambahan dua tulang bagian belakang (sub frame).
Dudukan baut-baut baik untuk mesin dan bodi juga lebih ringkas. Tak pelak, rangka eSAF ini diklaim lebih ringan 8 persen ketimbang sasis lama seperti yang dipakai BeAT, namun disaat bersamaan lebih kaku dan kuat.(*)

Posting Komentar

0 Komentar