SLIDER

header ads

Keunggulan Yamaha Xmax Dibandingkan Kompetitornya

PONTIANAK - Dari segelintir pemain skutik premium 250 cc di Indonesia, Yamaha XMax paling banyak berseliweran di jalan raya. Lantaran diproduksi mandiri oleh Yamaha Indonesia, harganya tentu paling ekonomis dibanding kompetitor. Dan, sudah pasti pula pemilihan terhadapnya dilakukan lantaran punya beberapa keunggulan.
 
Yamaha Xmax

Desain Khas Big Scooter

Sosok gambot yang identik ditemui pada matik seperempat liter, jelas ditemui pada XMax. Dituangkannya melalui desain muka yang besar, lampu ganda disertai pula cover dengan bentuk agresif. Penerapan serupa pun dilakoni pada area buritan lewat bentuk penerangan yang tak kalah tegas. Kendati begitu, secara keseluruhan pabrikan tetap meramunya proporsional. Dengan dimensi: 2.185 x 775 x 1.465 mm (PxLxT), XMax cukup bongsor. Tapi coba tengok bentuk knalpotnya yang ramping, bukan kah baik dalam hal aerodinamika dan estetika?
Rancang bangun itu kemudian diselaraskan pula dengan pengendalian yang nyaman. Terlihat, XMax punya posisi setang cukup tinggi. Sementara jok terkesan amblas dan bidang (lebar). Sektor ini kemudian ditunjang lagi dengan pijakan kaki luas, memudahkan pengendara untuk berkendara secara rileks.

Performa Unggul dari Kompetitor

Padu padan inilah yang diyakini bisa mengoptimalkannya kala dikendarai. Terlebih Yamaha XMax dibekali mesin SOHC 150 cc berdaya 22,5 Hp/7.000 rpm. Sedikit lebih unggul dibanding kompetitor seperti Honda Forza 32,1 Hp/7.500 rpm maupun Kymco Downtown 250i (22,9 Hp/7.750 rpm. Sama halnya dengan momen puntir. Tak cuma besar, torsi juga didapat pada putaran lebih rendah yaitu 24,3 Nm/5.500 rpm. Sementara Forza maupun Downtown masing-masing mencatat 24 Nm/6.250 rpm dan 23,14 Nm/6.000 rpm.
Kapabilitas itu lantas ditunjang lagi keberadaan Traction Control System (TCS). Berkat fitur ini, ECU akan mengatur putaran roda belakang agar 'seirama' dengan roda depan. Sebagai tujuan meminimalisir gejala selip. Tentu saja perangkat itu bekerja berdampingan dengan perangkat ABS. Memang bukan hal spesial di jajaran big scooter, melainkan sebuah perangkat wajib. Toh, rival sekelas Forza juga punya terapan satu itu. Termasuk pemilihan roda berukuran belang dan suspensi belakang ganda.

Akomodasi dan Fitur

Namun pemilik XMax boleh berbangga hati lantaran skutik ini punya daya jelajah cukup jauh. Dengan kapasitas tangki BBM 13 liter, paling tidak tak kepalang 'haus' ketika diajak touring. Sementara milik kompetitor di bawah itu (Honda Forza 11,5 liter, Kymco Downtown 250i 12,5 liter). Keunggulan akomodasi ini juga beranjak kepada daya tampung bagasi. Ruang di bawah jok XMax bermuatan 37 liter. Pemilik bisa dengan mudahnya menaruh dua buah helm full face, plus beberapa barang tambahan lain.
Mengenai kelengkapan lain, Yamaha XMax tak kalah modern. Dimulai dari sematan sistem penerangan LED (lampu utama dan rem saja), kombinasi panel meter analog-digital yang informatif, sistem kunci dengan Smart Key System (SKS) yang bersanding dengan tombol pembuka jok dan cover tangki bensin. Ia pun menyediakan power outlet berikut konsol untuk menaruh gawai, ketika dayanya diisi ulang.

Harga Paling Ekonomis

Jika dibandingkan dua kompetitornya tadi, skutik besar Yamaha dibanderol paling ekonomis. Harga Yamaha XMax saat ini adalah Rp 61,475 juta. Sementara banderol Honda Forza mencapai Rp 83,81 juta. Begitu juga Kymco Downtown 250i yang dipatok Rp 68 jutaan. Wajar karena kedua lawan datang dengan status impor. Sementara XMax merupakan hasil buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Tak cuma untuk konsumsi domestik, produk tersebut juga disebar ke berbagai negara, meliputi Asia, Amerika Serikat hingga Eropa. Namun dengan kubikasi mesin lebih besar yakni 300 cc. (*)

Posting Komentar

0 Komentar