XLSMART Kebut Pemulihan Jaringan dan Salurkan Bantuan ke Korban Banjir–Longsor di Sumatra



MEDAN, KP – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk memastikan proses pemulihan jaringan telekomunikasi di wilayah Sumatra terus berlangsung pasca banjir dan longsor yang melanda sejumlah daerah pada akhir November lalu. Gangguan masih terjadi pada ratusan Base Transceiver Station (BTS) di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat akibat tingginya genangan air, kerusakan infrastruktur, serta akses jalan yang terputus.

Regional Group Head XLSMART West Region, Desy Sari Dewi, mengungkapkan bahwa perusahaan terus mengupayakan pemulihan jaringan secara maksimal di tengah kondisi lapangan yang penuh tantangan. “Kami turut berduka dan prihatin atas bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Sumatra. Saat ini tim teknis di lapangan terus bekerja intensif selama 24 jam untuk memastikan layanan telekomunikasi tetap tersedia bagi masyarakat serta pihak otoritas yang menangani penanggulangan bencana. Tim kami terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan memobilisasi genset untuk menjaga operasional BTS,” ujar Desy.

Ia menjelaskan bahwa medan yang tergenang banjir dan beberapa titik yang tertutup longsor menjadi hambatan terbesar dalam mempercepat proses perbaikan. Selain itu, keterbatasan pasokan BBM untuk pengoperasian genset juga menjadi tantangan tambahan bagi petugas di lapangan. Meski demikian, sejumlah lokasi yang sebelumnya padam kini mulai pulih dan dapat kembali digunakan oleh pelanggan.

Hingga saat ini, tercatat sekitar 691 BTS terdampak di berbagai wilayah, dengan rincian 538 BTS di Aceh, 120 BTS di Sumatera Utara, dan 33 BTS di Sumatera Barat. Kerusakan terbesar terdapat di wilayah Aceh seperti Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang yang mengalami banjir parah.

Selain melakukan pemulihan layanan, XLSMART juga menyalurkan bantuan darurat melalui program XLSMART Peduli Bencana Sumatera sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak. Bantuan disalurkan bekerja sama dengan DT Peduli, UMKM lokal, mitra diler, dan aparat setempat. Paket bantuan berupa sembako, makanan ringan, minuman, serta kebutuhan bayi dan anak didistribusikan ke enam titik lokasi terparah, yakni Kabupaten Pidie Aceh, Lhoksumawe, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Pariaman, dan Tanah Datar.

Distribusi bantuan telah dimulai pada Jumat (28/11) oleh tim XLSMART Aceh bersama DT Peduli. Proses penyerahan dilanjutkan pada Senin (1/12) di Padang Pariaman, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal, serta akan terus bergerak ke wilayah terdampak lainnya. Desy menegaskan komitmen perusahaan untuk tidak hanya memperbaiki jaringan, tetapi juga hadir membantu masyarakat yang membutuhkan. “Selain memaksimalkan terus perbaikan jaringan, kami juga pastikan bahwa kami akan terus mendistribusikan bantuan-bantuan ini ke semua wilayah yang terdampak. Saat ini kami sudah melakukan penyerahan bantuan di dua titik lokasi yaitu Pidie Aceh dan Padang Pariaman. Dua lokasi yaitu Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal sedang dalam proses perjalanan menuju titik target, dan akan berlanjut ke dua lokasi lainnya yaitu Tanah Datar dan Lhoksumawe. Dengan keterbatasan kondisi di lapangan, kami berupaya maksimal agar bantuan bisa didistribusikan ke wilayah-wilayah lainnya yang terdampak. Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat sedikit membantu meringankan beban para korban di pengungsian tersebut,” ujarnya.

XLSMART menyatakan akan terus menjaga kualitas jaringan agar masyarakat maupun pihak berwenang di lokasi bencana tetap dapat berkomunikasi tanpa hambatan. Saat ini perusahaan memiliki sekitar 14 juta pelanggan di Sumatra, yang dilayani oleh lebih dari 47.000 BTS. Dengan skala jaringan sebesar ini, XLSMART menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan pemulihan wilayah terdampak demi mendukung percepatan penanganan bencana dan pemulihan aktivitas masyarakat.(*/Red)

Kapuas Post

Kapuas Post merupakan media lokal Kalimantan Barat yang mencoba eksis kembali menjadi media online

Lebih baru Lebih lama

ads

Pasang Iklan Kapuas Post

ads

نموذج الاتصال