SINGKAWANG, KP — Komitmen PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) dalam mendukung pemberdayaan ekonomi digital kembali diwujudkan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bertajuk “Teman UMKM Naik Kelas”. Melalui inisiatif ini, XLSMART menghadirkan workshop bertema inspiratif “Ngonten Buat Jualan, Banyak Jalan Menuju Cuan” yang menyasar 300 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Singkawang, Bengkayang, Sambas, dan Mempawah atau yang dikenal dengan sebutan Singebaswah.
Workshop yang digelar pada Minggu, 12 Oktober 2025 di Pavillion 78, Kota Singkawang ini dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Singkawang, Muhammadin, SE, M.H., didampingi oleh Kadi Riyanto selaku CSR & Communication Channel XLSMART, serta Head of Sales Kalbartimteng Kalimantan Area XLSMART, Erichson Silitonga.
Melalui kegiatan ini, XLSMART ingin membantu para pelaku usaha lokal agar siap menghadapi era digital dan mampu memperluas pasar mereka ke tingkat nasional. Dukungan terhadap kegiatan ini juga didorong oleh jaringan XLSMART yang kini semakin luas dan stabil di seluruh Kalimantan pasca-integrasi perusahaan.
Group Head Corporate Communication & Sustainability XLSMART, Reza Zahid Mirza, menegaskan bahwa inisiatif strategis ini merupakan bagian dari visi perusahaan #BersamaMelajuTanpaBatas. “Kami tidak hanya membangun infrastruktur digital, tetapi juga memastikan teknologi yang kami hadirkan benar-benar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, khususnya para penggerak ekonomi lokal seperti UMKM. XLSMART berkomitmen untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif di seluruh Indonesia,” ujarnya.
Kegiatan di Singkawang ini merupakan kelanjutan dari rangkaian program serupa yang sebelumnya sukses digelar di Pacitan pada 25 Agustus dan di Padang pada 25 September. Keberhasilan pelaksanaan di berbagai daerah membuktikan komitmen XLSMART untuk mendukung transformasi digital dan pemberdayaan ekonomi lokal di seluruh pelosok negeri.
Bekerja sama dengan Kibarnesia, workshop ini dirancang untuk menjawab tantangan nyata yang dihadapi UMKM, seperti kesulitan membuat konten pemasaran yang menarik serta keterbatasan akses permodalan. Para peserta tak hanya mendapatkan teori, tetapi juga berkesempatan mempraktikkan langsung cara membuat konten promosi melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok.
Perwakilan Kibarnesia, Alwa Rerizia, menyampaikan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelaku usaha lokal untuk benar-benar naik kelas. “Kami ingin tidak hanya berbagi ilmu, tetapi juga memberikan kesempatan bagi UMKM untuk berkembang dan memperkuat daya saing mereka di tingkat nasional,” ujarnya.
Selain pelatihan intensif, XLSMART juga memberikan penghargaan bagi lima UMKM terbaik berupa bantuan dana usaha dengan total senilai Rp10 juta. Para peserta juga mendapatkan fasilitas konsumsi dan dukungan penuh selama acara berlangsung.
Dukungan bagi UMKM di Singkawang ini diperkuat oleh kesiapan jaringan XLSMART yang kini beroperasi dalam skala lebih besar dan kuat pasca-merger. Sejak integrasi resmi pada 16 April 2025, XLSMART telah menghadirkan lebih dari 11.400 Base Transceiver Station (BTS), mayoritas 4G, yang melayani lebih dari tiga juta pelanggan di Kalimantan. Jaringan fiber optik perusahaan kini menjangkau 90 persen kota dan kabupaten di Kalimantan, termasuk perluasan ke wilayah Landak, Sanggau, Sintang, dan Ketapang.
Khusus di Singkawang yang menjadi wilayah strategis di area North Region, perluasan jaringan XLSMART telah mencakup seluruh kecamatan, mulai dari Monterado, Singkawang Barat, Selatan, Tengah, Timur, hingga Utara. Dengan peningkatan cakupan dan kapasitas jaringan ini, pelanggan XL, AXIS, maupun Smartfren kini dapat menikmati konektivitas yang lebih cepat, stabil, dan andal.
Melalui langkah nyata ini, XLSMART tak hanya menghadirkan jaringan digital yang kuat, tetapi juga menumbuhkan semangat kewirausahaan dan kreativitas pelaku UMKM di Kalimantan, agar mereka benar-benar mampu “naik kelas” di era ekonomi digital.(*/Red)

