JAKARTA,KP – Perjalanan Biznet selama seperempat abad di Indonesia menjadi bukti konsistensi perusahaan dalam menghadirkan inovasi dan membangun masa depan digital bangsa. Sejak berdiri pada tahun 2000, Biznet terus mengembangkan layanan dan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekosistem digital, sekaligus menjembatani kesenjangan akses Internet di berbagai wilayah Indonesia.
Momentum 25 tahun ini menjadi penanda penting, karena Biznet tidak hanya memperkuat kehadirannya dengan layanan modern, tetapi juga memperluas jaringan ke lebih banyak daerah. Pada Maret 2025, Biznet mengaktifkan jaringan kabel fiber optik bawah laut di Pulau Jawa, menghubungkan Jakarta, Cirebon, Semarang, hingga Surabaya. Infrastruktur ini memperbesar kapasitas bandwidth antar kota sekaligus meningkatkan keandalan layanan, serta menjadi bagian dari pembangunan jaringan kabel bawah laut Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2).
“Perjalanan seperempat abad ini bukan hanya tentang membangun jaringan, melainkan bagaimana Biznet bisa terus berkontribusi dan berinovasi dalam membangun masa depan digital di Indonesia. Sejak awal kami percaya bahwa Internet harus dapat diakses oleh semua orang,” ujar Adi Kusma, President Director Biznet.
Kebutuhan masyarakat akan konektivitas semakin meningkat, seiring laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mencatat penetrasi pengguna Internet di Indonesia naik dari 79,5 persen pada 2024 menjadi 80,66 persen pada 2025, setara dengan 229 juta pengguna. Lonjakan ini menegaskan pentingnya fondasi digital yang kuat untuk mendukung aktivitas harian masyarakat, pendidikan, kesehatan, hingga bisnis.
Sebagai bagian dari komitmen menghadirkan akses yang merata, Biznet membangun infrastruktur kabel bawah laut yang terhubung antar pulau. Setelah sukses meluncurkan BNCS-1 pada Juni 2024, pembangunan BNCS-2 kini tengah berjalan untuk menghubungkan Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Hingga saat ini, Biznet telah menggelar lebih dari 100.000 kilometer jaringan The New Biznet Fiber dengan lebih dari tiga juta homepass yang menjangkau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Flores, hingga Timor.
Selain penguatan infrastruktur, Biznet menjalankan program tanggung jawab sosial dengan menyediakan layanan Internet gratis bagi lebih dari 300 kepala keluarga di sekitar lokasi Biznet MarinePOP, titik pendaratan kabel bawah laut perusahaan. Lokasi ini tersebar di Kabupaten Jembrana, Serang, Karawang, Gresik, Bangka Barat, Lampung Selatan, dan Banyuasin. Program ini menjadi wujud nyata komitmen Biznet agar masyarakat di daerah pesisir turut merasakan bandwidth berkualitas setara kota besar.
Di sektor pendidikan dan kesehatan, Biznet menghadirkan layanan khusus EducationNET dan HealthNET dengan kapasitas bandwidth lebih besar dan harga terjangkau. Koneksi ini mendukung proses belajar mengajar agar lebih interaktif, memperluas akses ilmu pengetahuan, serta mendukung kebutuhan digitalisasi rumah sakit dan peralatan medis yang membutuhkan jaringan handal. Selain itu, layanan Biznet Hotspot juga disediakan di area pendidikan dan kesehatan untuk memudahkan akses masyarakat.
Sebagai apresiasi di momen ulang tahun ke-25, Biznet memberikan tambahan kapasitas bandwidth hingga 150 Mbps bagi pelanggan Biznet Home selama Oktober 2025. Program Biznet Prize Vaganza juga digelar sejak September hingga Desember 2025 sebagai bentuk terima kasih kepada pelanggan baru dan setia, dengan hadiah menarik yang akan diumumkan setiap bulan dan berlanjut pada 2026.
“Di usia ke-25 ini, izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menjadi bagian dari perjalanan Biznet. Kami tidak akan sampai di titik ini tanpa dukungan pelanggan, mitra, media, dan masyarakat yang memberi ruang bagi kami untuk tumbuh. Ke depan, kami akan terus berinovasi menghadirkan layanan dan infrastruktur terbaik demi masa depan Indonesia,” tutup Adi Kusma.
Dengan pencapaian ini, Biznet menegaskan kembali perannya sebagai pelopor transformasi digital di Indonesia, menghadirkan konektivitas yang lebih merata, infrastruktur yang lebih kuat, dan layanan yang semakin inovatif untuk seluruh lapisan masyarakat.(*/Red)