Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKemenagPontianak

Kemenag Kalbar Gelar Rapat Pimpinan di Minggu Terakhir pada Triwulan Pertama Tahun 2024

PONTIANAK, KP - Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Dr. H. Muhajirin Yanis, M.Pd.I memimpin Rapat Pimpinan bersama Kepala Bagian Tata Usaha, Kaharudin, S.Ag, Kepala Bidang, Pembimas, dan Ketua Tim Kerja pada Bagian Tata Usaha di Operation Room Kanwil Kemenag Kalbar, Senin (25/3/2024). 

Dalam rapat yang mengagendakan pembahasan tentang percepatan realisasi anggaran triwulan pertama tahun 2024, disampaikan bahwa posisi Kanwil Kemenag Kalbar berada di posisi ke 17 tingkat nasional dengan angka serapan sebesar 18,90% per 22 Maret 2024. 

Kepala Kanwil Kemenag Kalbar menghimbau kepada seluruh Kepala Bidang dan Pembimas serta Ketua Tim Kerja untuk segera merealisasikan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan hingga akhir triwulan pertama sehingga bisa mendongkrak penyerapan anggaran sebagaimana target pemerintah pusat.

"Saya harap tanggal 28 Maret 2024, realisasi anggaran masih bisa bergerak sehingga pada minggu pertama bulan April 2024 kita sudah berada di angka 30% untuk penyerapan triwulan pertama. Itu artinya lebih tinggi dari target nasional yang menetapkan realisasi anggaran 25% pada triwulan pertama berdasarkan Basis Kinerja Target dan Penyerapan Anggaran yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb,” tutur Muhajirin.

Rapat Pimpinan juga mendengarkan laporan capaian dari Bagian Tata Usaha, Bidang dan Bimas selama triwulan pertama dan rencana kegiatan yang akan dilakukan hingga akhir bulan Maret 2024 yang dapat menyerap anggaran serta meningkatkan realisasi anggaran.

“Kita yakin bahwa pencairan akhir minggu ini akan meningkatkan serapan anggaran kita, namun apakah itu akan meningkatkan posisi kita dari 17 menjadi lebih tinggi di tingkat nasional atau tidak, kita tunggu saja, karena setiap Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia pasti melakukan hal yang sama yaitu percepatan kegiatan guna mendongkrak capaian realisasi anggaran,” lanjutnya.

“Dari Rencana Penarikan Dana (RPD) dapat diketahui mana kegiatan yang berjalan sesuai rencana kegiatan, dan mana yang tidak berikut alasannya. Untuk itu saya ingatkan kepada Kabag TU, Kabid, dan Pembimas bahwa masing-masing Bidang dan Bimas serta Sekretariat sudah memiliki timeline atau jadwal kegiatan yang bisa menjadi acuan untuk merealisasikan anggaran demi capaian di triwulan kedua nanti.

Jadi pastikan kegiatan yang telah direncanakan di triwulan kedua untuk segera direalisasikan agar target yang dicanangkan oleh Menteri Agama sebesar 70% di bulan Juli 2024 dapat tercapai,” pesan Muhajirin. (*/Red) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad