Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

BawasluKalbarPontianak

Bawaslu Ajak Awak Media Berkolaborasi Hadirkan Berita Pemilu yang Akurat

PONTIANAK, KP - Pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 14 februari 2024 yang lalu, Bawaslu Kalimantan Barat mengelar forum diskusi yang mengajak awak media untuk berkolaborasi untuk menciptakan pemberitaan hasil pemilu yang tepat dan akurat bebas hoax.
 
Forum diskusi yang digelar di Hotel Transera Pontianak pada Kamis 7 Maret 2024 ini mengusung tema Konsolidasi Media Dalam Rangka penguatan Pemberitaan Hasil Pemilu 2024.

Christina Kartikawati selaku Ketua Panitia acara ini menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar untuk menyamakan visi dan misi antara Bawaslu dan Awak Media terkait pemberitaan hasil pemilu yang akurat dan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.

"Ini merupakan bentuk kerjasama pemberitaan supaya yang disampaikan kepada masyarakat memiliki dampak positif serta kontribusi nyata untuk memberikan pemahaman terkait hasil Pemilu," jelasnya.

Turut hadir dalam forum diskusi tersebut Armydian Kurniawan selaku General Manager News Gathering iNews Media Group, yang berharap kegiatan ini bisa menjelaskan serta memberikan edukasi untuk masyarakat terkait pemberitaan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.

"Kegiatan ini merupakan langkah tepat, karena konsolidasi antara Bawaslu kalbar dan awak media dapat menciptakan pemberitaan yang berdasarkan fakta," terangnya.

Andi Fachrizal perwakilan dari The Society of Indonesia Environmental Journalist yang juga turut menjadi narasumber menyoroti pentingnya konsolidasi sebelum pelaksanaan pemilu.

"Konsolidasi harusnya dilakukan sebelum pemilu dilaksanakan dan hasilnya muncul, hal ini penting karena membantu awak media untuk menghindari berita yang tidak sesuai fakta, terlebih di era media sosial sekarang ini banyak informasi yang tidak jelas dan tidak bisa dipertanggungjawabkan," terangnya.

Kegiatan forum diskusi dan konsolidasi Bawaslu Kalbar ini dihadiri oleh puluhan perwakilan media yang ada di Kalbar, serta turut dihadiri oleh organisasi pengawas dan mahasiswa.(Rif)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad