Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Literasi DigitalTri

Fojekha - TRI Berkolaborasi Berikan Literasi Digital Bagi Gen-Z Pontianak

PONTIANAK - Forum Jurnalis Ekonomi Khatulistiwa (Fojekha) bersama TRI sebagai bagian dari Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan menggelar Gerakan Literasi Digital Bersama Gen-Z: Generasi Kreatif dan Cakap Digital pada Sabtu,25 November 2023, di SMA Negeri 3 Pontianak.


100 pelajar SMA di Pontianak akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

Adapun workshop literasi digital ini akan menghadirkan narasumber di antaranya Konten Kreator sekaligus Founder Tukang Jalan Jajan, Dony Prayudi. Konten kulinernya bisa ditemukan lewat akun TikTok Tukang Jalan Jajan. Dony Prayudi akan mengupas tuntas trik membuat konten video menarik di Media Sosial. 

Narasumber berikutnya ada Habibah Juniarti Iskandar seorang penulis buku "Bukan Emak Emak Biasa", si pemilik akun Instagram @bibahagia akan membagikan tips untuk membuat tulisan yang bisa dilirik Warga Net.

Terakhir Narasumber yang akan hadir adalah Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pontianak Rendra Oxtora yang akan memberikan tips dan trik keamanan digital yang harus dikuasai Gen-Z.

Ketua Fojekha, Dedi S.Sos menjelaskan 
Gen-Z saat akrab dengan medsos, karena  platform ini menjadi wadah utama mereka menyuarakan pandangan mereka, memobilisasi aksi kolektif, dan menciptakan gerakan yang membawa dampak. 

Akan tetapi Gen Z yang tidak memiliki literasi digital yang memadai, cenderung lebih rentan menjadi korban kejahatan siber, seperti penipuan online, pencurian identitas, atau pembajakan data pribadi. Mereka pun bisa sangat mungkin menjadi pelaku dari cyberbullying. 

"Oleh karena itu budaya literasi digital Gen Z perlu terus didukung. 
Literasi memiliki peran penting karena dapat membekali diri mereka dengan skill, berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Tapi juga aman dalam penggunaanya. Makanya 
Fojekha merasa perlu andil dalam menghadirkan kegiatan literasi untuk para Gen Z ini," ujarnya.

Nantinya peserta juga ditantang untuk membuat konten video dan foto beserta caption yang menarik. Untuk hasil karya terbaik berhak meraih hadiah.

Dedi turut menyampaikan ungkapan terima kasih karena kegiatan ini didukung penuh oleh TRI. Dengan kesamaan visi untuk terus mengkampanyekan keamanan digital bagi para anak muda khususnya Gen-Z yang merupakan market terbesar TRI di Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya.

District Operation Head Kalimantan Sulawesi, Rusdi Mardan turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

 “Kami sangat senang dapat berkolaborasi bersama Fojekha dan membuat kegiatan yang bermanfaat untuk Gen-Z. Tidak hanya mendorong kreatifitas Gen-Z memanfaatkan sosial media, tetapi mengajak Gen-Z agar berhati-hati dan sadar akan keamanan teknologi digital," ujarnya.(lyn)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad