Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarPLNSanggau

Sejumlah Warga Kecewa Listrik Padam Jelang Ibadah. Manager PLN: Penyulang PLN Terkena Pohon Tumbang

Sanggau, Kalbar-Kapuaspost.web.id- Padamnya aliran Listrik menjelang sholat Isya dan Tarawih, Senin(10/4) kemarin membuat sebagian umat muslim kecewa atas pelayanan dari Perusahaan BUMN ini. 

Kekecewaan tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sejumlah warga yang akan beribadah merasa terganggu karena padamnya aliran listrik tersebut pas disaat akan dilaksanakan ibadah sholat Isya. 


Manejer ULP (Unit Layanan Pelanggan) PLN Sanggau, Pulung Gandi Prabowo saat ditemui sejumlah awak media menjelaskan bahwa pemadaman listrik yang terjadi saat umat muslim tengah menjalankan ibadah solat itu bukan karena faktor kesengajaan petugas PLN Sanggau, melainkan hal itu dipicu oleh pohon tumbang yang mengenai kabel jaringan yang disebabkan oleh hujan disertai angin kencang, Selasa(11/4/23). 


“Terkait kelistrikan tadi malam sekitar pukul 18:30 Wib di wilayah Sanggau Kota yang padam, disebabkan ada 2 peyulang kami yang terkena pohon yang tumbang karna hujan yang turun disertai angin yang kuat di wilayah Semboja Kelurahan Bunut, kami tidak bisa berbuat apa-apa karna itu sifatnya gangguan di luar kendali kami, yang kami bisa kendalikan adalah percepatan untuk pemulihan gangguan kelistrikan itu supaya listrik secepatnya dapat dialirkan kembali,” jelas Pria yang disapa Bowo itu.


Selanjutnya kami dari PLN Sanggau mengambil langkah pembelokiran jaringan listrik yang terganggu supaya daerah yang  padam sekitar yang rimbas masih bisa di alirin listrik dan disuplai listriknya melalui peyulangan lain.


“Aliran listrik yang padam di sebagian wilayah itu cepat kami tangani, sehingga semalam sekitar 20 menit kondisi listrik sudah pulih dan bisa dihidupkan kembali,” ujarnya.


Lanjutnya, secara kondisi PLN Sanggau tidak ada pemadaman karna suplai listrik di wilayah Sanggau dalam kondisi aman, yang telah memakai sistem katulistiwa dimana sistem itu merupakan sistem besar yang di supai kelistrikanya oleh PLN Pontianak, bahkan negara tetangga Malaysia.


“Masalah perawatan jaringan tentunya kami di PLN Sanggau tidak berdiam diri, perawatan jaringan kami lakukan setiap hari, dari tingkat kecamatan sampai ke kota sesuai dengan wilayah masing masing, karna kami di PLN Sanggau ini mebawahi 11 unit, untuk perawatan jaringan kami lakukan pemangkasan pohon sampai perawatan kontruksi,” ungkapnya.


Bowo menyampaikan, penyebab utama padamnya listrik di wilayah Sanggau terjadi karena pohon tumbang, sehingga pihak PLN memprioritaskan perawatan jaringan sebagi prioritas utama.


Jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 yang tidak lama lagi PLN Sanggau akan menepatkan 100 petugasnya PLN untuk memastikan Jaringan Listrik dalam kondisi aman

“Ya, untuk memastikan kondisi listrik tetap terpelihara dan aman, kita akan menempatkan beberapa petugas di titik titik yang kami anggap rawan, selain itu juga kami akan menempatkan petugas kami di masjid masjid besar dan mengecek setiap panel panel listrik yang ada disana, supaya di hari H Hari Idul Fitri listrik tatap aman, dan kami PLN Sanggau natinya akan melibatkan 100 prtugas yang akan standby di wilayah kerja PLN Sanggau,” mengakhiri penjelasannya. (Laiman) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad