Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarpetiSekadau

Polres Sekadau Gelar Press Release Pengungkapan Tindak Pidana PETI

Sekadau, Kalbar-Kapuaspost.web.id- Polres Sekadau menggelar press release tentang pengungkapan tindak pidana Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di dusun Ensayang desa Karang Betung kecamatan Nanga Mahap pada Rabu (12/4/2023) malam.

Dalam kasus tersebut, Polisi berhasil mengamankan 3 pekerja PETI pada 2 lokasi berbeda. Sejumlah barang bukti turut diamankan untuk kepentingan proses hukum. 


Menurut Wakapolres Sekadau Kompol Hoerrudin, keberhasilan ini tak lepas dari peran serta masyarakat dalam memberikan informasi tentang adanya aktivitas PETI.


"Penegakan hukum yang kami lakukan menindaklanjuti atensi Kapolda Kalbar dalam memberantas pertambangan ilegal," kata Wakapolres Sekadau, Jum'at 14 April 2023.


Sebagai bentuk kepedulian dalam menjaga kelestarian alam dan harkamtibmas, ungkapnya, penertiban akan terus dilakukan untuk menjaga ekosistem dari dampak negatif yang muncul akibat PETI.


"Selain upaya represif, upaya preventif juga kami lakukan melalui sosialisasi, memasang poster dan spanduk tentang larangan PETI," jelas Wakapolres Sekadau.


Senada hal tersebut, Kasat Reskrim Iptu Rahmad Kartono menegaskan bahwa tindakan hukum yang diambil untuk menjawab keluhan masyarakat akan keruhnya air sungai dimana salah satu penyebabnya diperkirakan akibat tercemar limbah PETI.


"Penegakan hukum yang kami lakukan sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian alam, jangan segan untuk melaporkan kepada kami apabila mengetahui aktivitas PETI," ungkapnya.


Terhadap pelaku dikenakan Pasal 158 Jo Pasal 35 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Dibas/Lai) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad