Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

NasionalSekitar Kita

KISARASA Kembali Hadir Untuk Season Dua Dengan Kisah Baru

JAKARTA – Kabar baik bagi penggemar serial dokumenter KISARASA! Melanjutkan perjalanan eksplorasi kuliner di season pertamanya, Chef Juna dan Chef Renatta bersama dailybox group kembali menghadirkan KISARASA – Kenali Kisah Dibalik Rasa, sebuah serial dokumenter yang mengupas sisi lain dari aneka kuliner khas Indonesia. Terdiri dari 8 episode berdurasi 30 menit, KISARASA jilid dua dapat disaksikan eksklusif mulai hari ini pukul 17.00 WIB di YouTube KISARASA. Cocok untuk menjadi tontonan di libur long weekend!


“Kami sangat berterima kasih terhadap antusiasme para penonton KISARASA season satu. Sejak penayangan episode perdana KISARASA, sudah 8,5 juta orang menonton kisah dibalik rasa kuliner Nusantara. Di season kedua, kami akan mengeksplorasi budaya & kuliner khas Betawi & Sunda agar tidak terpinggirkan dan kalah bersaing dengan kuliner luar negeri yang sekarang banyak bermunculan. Kuliner khas Betawi dan Sunda selain nikmat juga kaya akan kisah sejarah,” ucap Cianicolay dari Jade Fifty Production, Sutradara KISARASA.

“KISARASA season pertama mendapat sambutan yang luar biasa. Tiga kuliner legendaris di season pertama pun sukses menjadi menu di Restoran Antarasa dan dailybox. Pada season kedua, KISARASA akan mengungkap kisah di balik kuliner Jawa Barat dan DKI Jakarta. Saya sangat familiar dengan daerah Jawa Barat karena saya dibesarkan oleh keluarga keturunan Sunda,” ungkap Chef Renatta, salah satu host KISARASA.

Episode perdana KISARASA season dua ini akan mengupas kisah dunia peracian khas Sunda dengan mengunjungi salah satu pabrik pengolahan aci terbesar di Bandung. Jika mendengar kata “aci” kita diingatkan dengan beragam olahan kulinernya sederhana tapi nikmat, mulai dari cilor, cibay, cimin, seblak dan masih banyak lagi. Tak sesederhana namanya, pembuatan tepung singkong sebagai bahan utama olahan aci sungguh kompleks.

“Kuliner aci memang dikenal sebagai kuliner murah meriah, tetapi untuk menghasilkan kuliner ini, kisahnya panjang. Membuat tepung singkong itu prosesnya ternyata rumit. Banyak orang dan mesin yang terlibat, hingga tantangan produksi saat musim hujan serta adanya ancaman hama landak. Meskipun harganya murah, jangan berlebihan ketika jajan olahan aci karena kisah produksinya panjang dan agar tidak menjadi sisa makanan yang berpotensi menjadi sampah,” ungkap Chef Juna.

Saat ini jumlah sampah makanan di Indonesia mencapai 23-48 juta ton per tahun yang setara dengan makanan bagi 61-125 juta orang atau 29-47% populasi di Indonesia. KISARASA ingin mengajak penonton untuk lebih menghargai keberadaan suatu hidangan dan kisah dibaliknya agar terciptalah suatu kebanggaan tersendiri ketika menikmatinya.

Tidak hanya kuliner khas Sunda, KISARASA season dua akan membahas sejarah kuliner asli Betawi dan menghadirkan sosok spesial.

“Kuliner khas Betawi sejatinya sangat kaya rasa tetapi kurang populer. KISARASA akan mengangkat kisah dibalik ikan gabus pucung, sop daging sapi bening atau rujak juhi khas Betawi. Tidak hanya itu, season dua memberikan saya kesempatan untuk tidak sekadar berbincang dengan Menteri Sosial RI Ibu Tri Rismaharini tetapi juga masak makanan kesukaan beliau,” ungkap Chef Juna.

Penasaran tentang sejarah makanan khas Sunda & Betawi? Atau tertarik untuk melihat Chef Juna masak Ikan Bakar Bumbu Rujak dan Urap - makanan kesukaan Ibu Risma? Saksikan episode pertama KISARASA season dua di Youtube KISARASA. Jangan lupa untuk subscribe dan menyalakan lonceng notifikasi agar dapat menikmati episode baru yang akan tayang setiap minggunya.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad