Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Abdul Rahim SHKalbarLSM Citra HanurapencemaranPT ASLSanggau

Aliran Sungai tercemar Limbah Pabrik CPO PT. ASL Jebol, Ribuan Ikan di Sungai Mati

Sanggau, Kalbar- Kapuaspost.web.id- Aliran   sungai kembali tercemar, kali ini di akibatkan oleh kolam limbah salah satu pabrik perusahaan sawit yang mengalami jebol.

Pencemaran tersebut diduga jebolnya tanggul kolam milik PT. ASL (Agri Sentra Lestari) yang beralamat di  Desa Cempedak, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan barat, terjadi beberapa waktu lalu.


Akibatnya, limbah mencemari Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai di Desa Cempedak  sampai ke aliran sungai Kapuas.

Salah seorang masyarakat setempat mengatakan bahwa tanggul kolam penampung limbah Pabrik Kelapa Sawit itu jebol beberapa hari lalu. 


" Ikan banyak yang mati, sepertinya kolam limbah pabrik jebol beberapa hari lalu dan mengakibatkan air sungai mengalami pencemaran"


Ditambahkannya Warna air sungai berubah putih keabu-abuan, ikan-ikan pada mati. Masyarakat setempat berbondong-bondong turun ke sungai untuk mencari ikan yang mati tersebut. 


Sampai berita ini dipublikasikan, pihak perusahaan saat di mintai keterangan dan konfirmasinya melalui pesan singkat WhatsApp hanya di baca dan tidak memberikan tanggapan.


Pemerhati Lingkungan hidup Abdul Rahim SH dari LSM Citra Hanura mengatakan ketika diminta pendapatnya menyayangkan hal itu terjadi dan lamban penanganan atau pencegahan. 


"Hal ini perlu ada tindak lanjut dari dinas terkait Karena sangat membahayakan keselamatan habitat air " Ujar Rahim

"Selain itu perlu di lihat kembali bagai mana AMDAL yang telah dibuat pihak perusahaan bersama tim AMDAL dalam pengelolaan lingkungan dan pembuatan pengolah limbah. Ini harus segera ditangani kalau dibiarkan bisa merusak lingkungan sekitar , semoga hal cepat di tangani jangan sampai merambah ke tempat lain"  Turupnya tegas. (Laiman

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad