Post Top Ad

tcJUWhf

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

googlemedia lokalnews

Google Hadirkan Program Local News Foundry

PONTIANAK - Dalam acara Google for Indonesia yang diadakan tanggal 7 Desember 2022, Google mengumumkan akan memberikan pendanaan sebesar US$1,2 juta kepada CekFakta dan Google News Initiative (GNI) Indonesia Training Network, untuk membekali lebih banyak redaksi, jurnalis dan pengecek fakta dengan keterampilan dan alat-alat yang mereka butuhkan menjelang pemilu nasional tahun 2024. 
 
 

Salah satu program GNI yang dapat membantu media terutama media lokal adalah Local News Foundry yang diselenggarakan bersama dengan Anymind dan ProPS sejak 2019. Program ini mengoptimalkan digitalisasi media online dengan penggunaan Progressive Web Apps, Accelerated Mobile Pages dan push notifications.
Di tahun 2020, Local News Foundry bekerja intensif dengan tujuh perusahaan media lokal untuk memberikan akses pelatihan dan sumber daya teknologi. Selama empat bulan, media-media ini menunjukkan peningkatan kecepatan produksi dan pemuatan halaman serta jumlah pengunjung situs hingga 213%. Hingga penghujung 2022, program ini telah menjangkau lebih dari 450 penerbit berita lokal kecil-menengah di Indonesia, melalui berbagai lokakarya dan sesi intensif untuk semakin memperkuat business sustainability mereka.
Akurat.co, Nusadaily.com, dan Radar Cirebon merupakan sejumlah media lokal yang telah mengikuti program ini dan mendapatkan hasil yang signifikan mulai dari jumlah pengunjung hingga monetisasi media online mereka.
Afriadi Ajo, Direktur Akurat.co, berbagi pengalamannya bagaimana program ini dapat meningkatkan interaksi dengan audiensnya. “Kehadiran kami adalah untuk menginspirasi, memberikan pandangan jernih kepada masyarakat dalam melihat persoalan bangsanya yang kami hadirkan melalui pemberitaan yang objektif. Apa yang kami butuhkan sebagai perusahaan media untuk berkembang kemudian dihadirkan oleh AnyMind dan Google, sehingga kami sekarang bisa lebih memahami apa kehendak pembaca, berinteraksi, membuat konten yang disukai, dan juga cepat diakses oleh pembaca. Kini pembaca kami lebih betah membaca akurat, awalnya hanya di 45 detik, sekarang bisa 2-3 menit,” jelasnya. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad