Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

NasionalOlahraga

Danau Toba Bakal Jadi Seri Pembuka F1 Powerboat 2023

Jakarta – Satu lagi ajang balap otomotif kelas dunia akan singgah di Indonesia pada 2023. Namanya Formula Satu atau F1 Powerboat. Sebelumnya, tiga jenis balap otomotif roda dua sudah lebih dulu diadakan di Indonesia seperti MotoGP, World Superbike, dan World Motocross. Kepastian bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah telah diumumkan Pemerintah Indonesia bersama promotor lomba H2O Racing di Jakarta, 28 September 2022.

Lomba akan diadakan di kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Ini sesuai keputusan pihak Federasi Motor Internasional (FIM) selaku regulator lomba. Lokasi pelabuhan berada di kawasan Danau Toba, sebuah kaldera superbesar hasil letusan gunung purba Toba 74 ribu tahun lampau. Indonesia mendapat kehormatan menjadi seri pembuka pada 24-26 Februari 2023 untuk musim balap F1 Powerboat 2023.

Ini akan menjadi sejarah bagi balap jet air tercepat di dunia tersebut. Karena untuk pertama kalinya sejak lomba diadakan 41 tahun silam, lokasinya berada di danau yang terbentuk dari hasil letusan gunung api purba pada area seluas 1.145 kilometer persegi. Apalagi, danau ini punya kedalaman mencapai 508 meter, salah satu yang terdalam di dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat itu menyatakan, hadirnya F1 Powerboat di Danau Toba menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia punya kemampuan dan infrastruktur dalam menggelar kompetisi balap berkelas dunia. “Kita ingin mengenalkan Danau Toba kepada dunia sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia dan kita berharap dari ajang ini selain ada promosi pariwisata, juga dapat memberikan dampak positif secara ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ujar Luhut.

Seperti halnya Luhut, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyebutkan bahwa lomba diharapkan dapat memancing minat sekitar 140 juta warga memenuhi ruang media sosial untuk ikut meramaikan dan mempromosikan F1 Powerboat ini. Erick juga meminta dukungan masyarakat agar kegiatan itu bisa berlangsung sukses dan aman.

Kesiapan Infrastruktur

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pihaknya akan menyiapkan diseminasi informasi terkait event seperti melakukan publikasi dan menyediakan media center untuk para jurnalis yang meliput. “Kita siap mendukung semua mengenai F1 Powerboat apalagi ini untuk meningkatkan indeks pariwisata berkualitas di DPSP Danau Toba. Seluruh fasilitas akan kami siapkan,” tegas Johnny.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya sejak Oktober 2022 sudah mulai menyusun langkah untuk menyiapkan dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan. Ini dilakukan supaya turis mancanegara tertarik berkunjung ke Danau Toba untuk menonton balapan.

Fokus utama adalah menyiapkan kebutuhan infrastruktur lomba di sekitar pelabuhan seperti tribun penonton, garasi balap, dermaga sandar khusus powerboat, dan lapangan parkir. Kementerian PUPR, kata Basuki, akan menyulap Lapangan Sisimangaraja menjadi kawasan khusus berkonsep waterfront area untuk olahraga air. Targetnya, pada 15 Februari 2023 seluruh infrastruktur telah selesai dikerjakan.

Raimondo di San Germano selaku Direktur Pemasaran H2O Racing menyatakan kalau dirinya sudah berkunjung ke bakal lokasi lomba. Ia merasa takjub karena tahu bahwa lomba akan diadakan di salah satu lokasi paling bersejarah di dunia sekaligus memastikan kalau Indonesia akan menjadi negara ke-40 selaku tuan rumah F1 Powerboat.

“Masuknya Indonesia sebagai negara ke-40 menjadi tuan rumah lomba menunjukkan komitmen kami untuk melebarkan sayap olahraga ini agar semakin dikenal oleh masyarakat secara luas sekaligus menjadi bagian dari turisme lewat olahraga. Indonesia juga sudah memainkan banyak peran dalam skala global dan kami ingin turut berkontribusi di sana lewat F1 Powerboat ini,” terang Raimondo.

Sedangkan Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney, Donny Oskaria memperkirakan lomba bakal disaksikan secara langsung oleh sekitar 180 ribu orang. Direktur Pemasaran InJourney, Maya Watono menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan sekitar 1.300 unit kamar hotel dan homestay di sekitar Danau Toba. Selain itu, kawasan ruang terbuka pun disiapkan dengan konsep glamour camping (glamping).

Maya juga menjamin, proses bongkar muat peralatan tim akan lebih mudah karena posisi Bandar Udara Silangit hanya sekitar 30 menit dari venue dengan akses jalan yang masih diperbaiki. Pihaknya juga akan menyiapkan satu titik bagi masyarakat sekitar untuk menonton lomba secara gratis. 

[Indonesia.go.id]

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad