Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Yayasan AHM Hadirkan Wisata Safety Riding di Pulau Dewata

JAKARTA – Perluas fasilitas belajar berkendara sepeda motor, Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) bersama Astra Motor Bali meresmikan Safety Riding Lab di SMA Negeri Bali Mandara, Kabupaten Buleleng Provinsi Bali pada Jumat (02/09). Fasilitas ini diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata menarik bagi para pelajar maupun masyarakat yang ingin mengembangkan kemampuan berkendara secara lebih menyenangkan dan aman.



Melengkapi empat Safety Riding Lab yang telah hadir secara bertahap sejak 2017 di wilayah lain di Tanah Air, Safety Riding Lab kelima ini hadir dengan 3 zona utama yakni zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktek yang dapat dimanfaatkan oleh para peserta didik maupun masyarakat sekitar dalam belajar berkendara sepeda motor. Beragam materi ajar telah disiapkan di fasilitas ini seperti pendidikan etika lalu lintas, keterampilan berkendara hingga pemanfaatan media sosial dalam melakukan kampanye keselamatan berkendara bagi anak muda.

Sebanyak 20 siswa dan siswi dididik untuk menjadi duta Safety Riding yang akan menyampaikan teori maupun skill berkendara sepeda motor. Para duta Safety Riding ini telah tersertifitasi dan mendapat pembinaan langsung dari para Instruktur Safety Riding Honda. Menjadi lokasi pertama dalam belajar safety riding di Provinsi Bali, Safety Riding Lab SMA Negeri Bali Mandara siap menerima ratusan siswa maupun masyarakat umum untuk belajar bekendara sepeda motor.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan Safety Riding Lab merupakan upaya berkelanjutan dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara kepada masyarakat luas yang sesuai dengan komitmen Sustainable Development Goal’s (SDG’s).

“Hingga pertengahan tahun ini, tercatat di empat Safety Riding Lab telah menerima sekitar 5.000 peserta didik. Kami berharap Safety Riding Lab yang kelima ini dapat terus memperkuat sinergi kami bagi negeri untuk membangun bangsa yang lebih baik, terutama dalam etika berlalu lintas,” Muhib.

Turut hadir meresmikan Safety Riding Lab pertama di Bali, Kepala Polisi Resort Buleleng AKBP I Made Dhanuardana SIK. Dia menyampaikan apresiasi kepada Yayasan AHM dalam kampanye berlalu lintas di wilayah Kabupaten Buleleng untuk menghadirkan masyarakat yang lebih taat terhadap lalu lintas.

“Kami menyambut baik dengan hadirnya fasilitas edukasi Safety Riding Lab di SMAN Bali Mandara wilayah kerja Polres Buleleng. Harapannya, fasilitas ini dapat memberikan dampak yang positif dalam kampanye keselamatan berlalu lintas di Kabupaten Buleleng dan sekitarnya,” ujar AKP Anton Suherman.

Sebelum di Bali, Yayasan AHM telah meresmikan Safety Riding Lab di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada tahun 2017. Setahun kemudian, dibangun Safety Riding Lab di SMK Walisongo Menes, Banten, diikuti SMK PABA Binjai, Sumatera Utara dan Safety Riding Lab SMK Muhammadiyah Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Tiga Zona


Safety Riding Lab yang dikembangkan Yayasan AHM ini memiliki tiga zona. Pertama, zona AudioVisual yang berfungsi sebagai ruang kelas edukasi untuk memberikan pengajaran kepada para peserta. Metode pembelajaran dilakukan melalui pembahasan video pendek hasil kompetisi video pendek safety riding sebagai bagian dari kegiatan Safety Riding dalam lima tahun terakhir. Ruang ini diharapkan mampu menginspirasi siswa-siswi untuk menganalisa dan mendiskusikan potensi masalah dalam berlalu lintas.

Zona berikutnya adalah Zona Simulasi yang berdinding tiga dimensi layaknya di jalan raya. Area ini dilengkapi dengan media praktek berupa Honda Riding Trainer (HRT) dan perlengkapan berkendara secara aman. Para duta Safety Riding juga bisa semakin mempertajam ilmunya dengan buku-buku referensi, regulasi keselamatan berlalu lintas dan beberapa simulasi komponen sepeda motor yang disediakan disana.

Selain itu juga ada Zona Praktek yang spesifikasinya mengacu pada Peraturan Kapolri no 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Zona ini berfungsi sebagai area praktek berkendara yang lengkap dengan berbagai rintangan kondisi jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Bentuk berkesinambungan kampanye program Safety Riding Yayasan AHM telah diawali dengan program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di Sekolah binaan AHM dengan mengukuhkan para siswa-siswi duta keselamatan berkendara Sekolah Satu Hati. Program dilanjutkan dengan Safety Riding Camp yang melatih duta Safety Riding dalam kemampuan blogging dan fotografi serta Safety Riding Short Movie Contest. Beragam sarana publikasi pada media sosial ini diharapkan memudahkan para duta keselamatan berkendara dalam menyebarkan virus Safety riding dengan cara yang menarik di era milineal ini.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad