Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

ADV 160 Skutik Premium Terbaru Dari AHM Cocok Dipakai Touring

PONTIANAK - PT Astra Honda Motor meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV 160. Selain punya wajah baru, sepeda motor ini dibekali sejumlah fitur canggih.



PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New ADV 160 di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Bekasi, Jumat (1/7/2022). Dilengkapi Honda Selectable Torque Control (HSTC), Honda ADV diposisikan sebagai skutik penjelajah.

Keiichi Yasuda, Presiden Direktur AHM menyatakan New Honda ADV 160 hadir sebagai jawaban dari keinginan konsumen terhadap motor besar penjelajah jalanan. Pembaharuan yang disematkan semakin memberikan kebanggaan dalam berkendara, baik melalui desain urban explorer, performa responsif mesin baru, hingga penyematan fitur-fitur canggih.

"Dengan penyempurnaan di berbagai sisi, New Honda ADV 160 semakin menghadirkan pengalaman berkendara berbeda, baik digunakan untuk menjelajah dengan kegembiraan atau juga penggunaan harian.

Performa dan fitur-fitur unggulan pada skutik ini mendukung pengendara yang memiliki daya jelajah jarak jauh dan memberikan kekuatan melaju untuk mengeksplorasi berbagai kondisi jalan," ujar Yasuda.

Desain baru

New Honda ADV 160 mempunyai desain urban explorer, seperti pada bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar, dan bodi samping depan yang semakin tajam sehingga ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas.

Perubahan bentuk bodi samping berimbas pada volume bagasi yang lebih luas. Model ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter (naik 2 liter) yang dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang.

Dari sisi depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL). Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain seperti motor besar.

Untuk menambah unsur aerodinamika, disematkan two step adjustabe windshield. Windscreen yang biasa digunakan pada motor besar, tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.

Tinggi jok kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV 160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.

Sementara roda depan dipasangkan wavy disc brake sebesar 240 mm dan 220 mm pada roda belakang.

Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk kestabilan osaat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan.Honda memasangkan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 ? 14 (depan) serta 130/70 ? 13 (belakang).

Mesin dan fitur

New Honda ADV 160 dipersenjatai mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin baru tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 11,8 kW @8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm @6.500 rpm.

Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda WMTC-EURO 3, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Skutik ini memiliki panel meter full digitalnya berdesain baru dengan layar besar. Pengguna bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/ rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter.

Informasi lain yang dimunculkan di antaranya indikator aki, indikator suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

New Honda ADV 160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama.

Selain itu ada pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic. Khusus tipe ABS ini, disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Fitur lainnya adalah Emergency Stop Signal (ESS), yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Lalu ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Varian

New Honda ADV 160 hadir dalam dua varian, yakni ABS dan CBS dengan total 6 varian warna. Tipe ABS dijual Rp 39.250.000 dengan tiga warna, Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Pada tipe ini, emblem di samping bodi semakin manis dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar.

Sementara itu tipe CBS dibanderol Rp 36.000.000. Pilihan warna yang ditawarkan ada tiga, yakni yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad