Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Tips Bikin Motor Honda Awet, Ganti Oli Mesin Tepat Waktu

PONTIANAK - Peran Oli Mesin pada Sepeda Motor Honda sangat besar. Oleh karena itu, rutin dan tepat waktu ganti oli, bisa menjaga performa kendaraan kesayangan konsumen.



Astra Motor Kalbar, lewat jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), selalu memberikan informasi terbaik terkait dengan berbagai kebutuhan konsumen dan pelanggan akan kemudahan dalam servis.

Sementara peran penting atau manfaat selalu rutin ganti oli mesin, disampaikan secara detail oleh Manager Servis Astra Motor Kalbar, Iwan Hari Susilo.

Menurut Pak Iwan, ada beberapa manfaat penting ketika pengguna Sepeda Motor Honda rutin dan tepat waktu dalam ganti Oli Mesin.

“Yang pertama, tntu saja adalah sebagai pendingin. Selain melindungi dari gesekan, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin agar mesin tetap pada suhu ideal. Ketika mesin berada pada suhu ideal, kinerjanya akan lebih sempurna,” katanya.

Membersihkan Komponen, yang kedua menurut Pak Iwan, Oli yang bagus mampu membuat komponen mesin tetap bersih terutama dari kotoran sisa pembakaran.

Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan atau membawa gram akibat gesekan antar komponen supaya tak menempel pada bagian-bagian penting mesin. Kotoran yang terbawa akan tersaring di saringan oli sehingga oli akan kembali bersih.

“Ketiga adalahg Menghaluskan Suara Mesin. Oli juga punya fungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan akibat gesekan komponen mesin sehingga suara mesin terdengar lebih halus,” ujar Pak Iwan.

“Jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakai atau karena spesifikasi oli yang digunakan tak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan,” lanjutnya.
Keempat adalah Menghindari Korosi. Oli juga memiliki aditif yang berfungsi melindungi komponen dari korosi atau karat.

“Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap proses oksidasi yang bisa menimbulkan korosi,” pungkasnya.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad