Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Rawat Motor Honda Milikmu Dengan Rajin Mengganti Oli Mesin

PONTIANAK - Haii gaess pada tau gak sih, peran Oli Mesin pada motor Honda kalian sangat vital, karena Oli Mesin sangat berperan pada proses perawatan mesin itu sendiri.


1654999041_wajib_rutin_diganti_ini_peran_oli_mesin_pada_motor_honda


Yang pertama, Oli Mesin berfungsi sebagai pendingin. Selain melindungi dari gesekan, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin agar mesin tetap pada suhu ideal. Ketika mesin berada pada suhu ideal, kinerjanya akan lebih sempurna.

Kedua adalah membersihkan komponen. Di mana Oli yang bagus mampu membuat komponen mesin tetap bersih terutama dari kotoran sisa pembakaran.

Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan atau membawa garam akibat gesekan antar komponen supaya tak menempel pada bagian-bagian penting mesin.

Kotoran yang terbawa akan tersaring di saringan oli sehingga oli akan kembali bersih.

Kemudian ketiga adalah Menghaluskan Suara Mesin. Di mana Oli juga punya fungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan akibat gesekan komponen mesin sehingga suara mesin terdengar lebih halus.

Jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakai atau karena spesifikasi oli yang digunakan tak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.

Keempat adalah Menghindari Korosi. Oli juga memiliki aditif yang berfungsi melindungi komponen dari korosi atau karat.

“Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap proses oksidasi yang bisa menimbulkan korosi,” tutur Manager Servis Astra Motor Kalbar, Iwan Hari Susilo. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad