Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Vario 160 Repsol Edition Keren, Khusus Untuk Pembalap Repsol Honda

PONTIANAK - PT Astra Honda Motor (AHM) tak menyia-nyiakan momentum tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11 sampai 13 Februari 2022.



Mereka mendukung penuh tim balap Repsol Honda Team (RHT) dengan menghadirkan kendaraan paddock Vario 160 berlivery khusus untuk Marc Marquez dan Pol Espargaro.

Ada sebanyak 4 unit Honda Vario 160 berlivery Repsol yang dikirim ke Lombok. Pertama dengan nomor 93 diperuntukan untuk Marquez dan nomor 44 untuk Espargaro. Sementara 2 unit lainnya bakal digunakan untuk mobilisasi kru selama di area sirkuit.

Menariknya, proses pengecatan livery khusus Repsol ini dibuat oleh anak bangsa. Dia adalah Salim, pemilik workshop Salim Airbrush di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang ditugaskan AHM untuk menyelesaikan 4 bodi fullset Vario 160 Repsol MotoGP Mandalika.

Salim mengatakan, metode pengecatan Vario 160 pesanan AHM memakai cara airbrush. Ini adalah sebuah teknik pengecatan yang menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan cat atau pewarna pada sebuah objek.

"Betul, ini airbrush pakai cat semua bodinya. Kami mengerjakan painting dan detail grafisnya semua di sini, tim AHM juga melakukan pengecekan di sini," kata Salim saat dihubungi, Kamis (10/2/2022).

Adapun untuk desain, lanjut Salim, semua adalah hasil pesanan dari AHM. Pengerjaannya dimulai pada 13 Januari 2022 dan rampung pada akhir bulannya.

"Revisi desain sampai 3 kali, ganti lagi. Pertama ada logo Redbull, kedua minta polos, terakhir mau ada RedBull lagi. Finishingnya adalah yang kemarin, selesai di akhir Januari," ungkapnya.

Agar hasil airbrush bisa maksimal, Salim menggunakan bahan cat dan pernis terbaik. Honda Vario 160 berlivery Repsol ini menggunakan material Sikkens.

"Kita cuma diminta untuk mengerjakan painting (pengecatan) saja. Waktu itu, dikirim bodinya ke sini, sudah perakitan dan dipasang oleh AHM dikirim ke sini lagi untuk finishing dan dikirim," katanya.

Munculnya visual Honda Vario 160 berlivery Repsol di media sosial menuai respons positif dari netizen. Tak sedikit yang berharap jika AHM juga meluncurkan livery tersebut secara massal. Namun perlu dicatat, sampai saat ini belum ada informasi apakah mereka akan meluncurkan livery yang serupa untuk konsumen di Indonesia.

Tapi bila Anda sudah memiliki Honda Vario 160 dan jatuh cinta dengan livery ini, Salim tak menutup peluang untuk mewujudkannya. Dia mengatakan, untuk pengerjaan airbrush berseragam Repsol tersebut dibanderol mulai Rp3-4 juta.

“Kisaran biaya pengerjaan Rp 3 juta sampai 4 juta terima beres full body sampai velg, hampir semua ya itu yang dicat, Lama pengerjaan paling cepat 1 minggu sampai 2 minggu tergantung antrian,” imbuhnya. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad