Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Mario Suryo Aji Berhasil Laksanakan Tes Moto3 2022 di Mandalika

PONTIANAK - Pembalap Honda Team Asia asal Indonesia, Mario Suryo Aji, menjalani uji coba di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Selasa 18 Januari 2022. Uji coba ini adalah bagian dari persiapan Aji yang akan debut di Moto3 2022.


Sebagaimana diketahui, pembalap berusia 17 tahun ini baru saja digaet Honda pada November 2021 lalu. Dia bersama pembalap Jepang, Taiyo Furusato, diproyeksikan untuk debut di Moto3 2022.

Mario, yang pada akhir Oktober lalu mengalami cedera berat, sempat diragukan tampil pada musim depan. Akan tetapi, prestasi Aji, sebelum cedera, membuat tim asal Jepang itu mempercayainya.

Sekadar informasi, Aji mengumpulkan pundi-pundi prestasi sejak 2018 lalu. Saat itu, dia menempati lima besar Asia Talent Cup 2018. Di tahun yang sama, ia menyegel peringkat enam Asia Road Racing Championship bersama Honda CBR 250RR.

Setahun berikutnya, ia naik ke level Moto3 junior dan berada di peringkat 18. Kemudian, peringkat ke-16 di ajang Red Bull Rookies Cup.

Pada tahun lalu, Mario juga berpartisipasi dalam ajang FIM CEV bersama Repsol. Dia mengemas 58 poin dan bercokol di peringkat ke-12 klasemen akhir.

Aji mengaku optimistis untuk menghadapi Moto3 2022. Oleh sebab itu, dia selalu menambah kemampuannya dalam hal kecepatan dan ketangkasan di lintasan.

Dari laporan Corsedimoto, Rabu (19/1), penggemar Marc Marquez ini melakukan tes di Sirkuit Mandalika. Dia sudah mengendarai motor yang akan dipakainya di Moto3 musim depan.

“Bersama banyak pembalap lain dari kejuaraan Asia, pembalap Indonesia ini melaju dengan kecepatan penuh di Sirkuit Mandalika dengan sebuah Honda CBR250RR. Tes yang menarik, mengingat trek ini adalah bagian dari kalender 2022,” tulis laman tersebut.

Kini, Aji bersiap untuk melakoni debutnya di pentas balap bergengsi dalam satu musim penuh. Dia mengambil alih slot yang sempat diduduki kompatriotnya, Andi Farid Izdihar, bersama Honda.

Mario Aji juga akan segera menjalani balapan pertamanya di ajang Moto3 2022. Agar perjalanannya makin lancar, Mario lantas mendatangi Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Maruf Amin untuk sekadar pamitan dan meminta doa. Berjumpa di Istana Wapres, pembalap berusia 17 tahun itu memohon doa restu orang nomor dua di Indonesia tersebut.

"Mohon doa Mario Suryo Aji Ini asli Magetan. Satu-satunya dari Indonesia yang akan masuk ke tim Moto3 GP. Yang Insya Allah besok sudah akan berangkat ke Spanyol. Rencananya ada 21 seri di 16 negara. Seri 3 di Mandalika di bulan Maret," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang ikut menemani Mario Suryo.

Sebelum bertanding di kejuaraan internasional Moto3 yang dimulai pada Maret 2022 nanti, pelajar SMA Negeri 1 Magetan ini telah mempersiapkan diri bersama timnya dengan berlatih secara rutin, salah satunya dengan menjajal trek balap pada Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya, selama tiga tahun terakhir ini, Mario telah mengumpulkan pengalaman dengan mengikuti CEV Moto3 dan Red Bull Rookies Cup.

Mario juga sudah dikenal sepak terjangnya saat berkompetisi dalam Asia Talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di bawah bendera Astra Honda Racing Team.

Selain Gubernur Jawa Timur hadir mendampingi Mario di pertemuan ini Direktur Astra Honda Motor (AHM) Thomas Widjaya, Perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Putu Putra Sadana, Kadispora Jawa Timur Pulung Chaustar, Kadis Kominfo Jawa Timur Hudiyono, Karo Adpim Jawa Timur M. Ali Kuncoro, Ibunda Mario Surya Aji Ibu Risworini, Kakak Kandung Mario Surya Aji Bapak Risto, dan Manajer Mario Surya Aji Kiagus Firdaus.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad