Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOlahraga

Mario Aji Siap Jalani Tes Moto3 di Jerez

PONTIANAK - Usai absen saat uji coba di Valencia, Mario Suryo Aji akhirnya ikut ambil bagian dalam tes privat Moto3 di Sirkuit Jerez, Spanyol.



Pekan lalu, sejumlah rekan-rekan Mario telah memulai persiapan untuk mengadapi Moto3 2022 dengan melakukan pengujian di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Sayangnya, rider Indonesia itu tak berpartisipasi.

Super Mario sejatinya terbang ke Negeri Matador pada akhir Januari. Namun, rencana perjalannya sedikit tertunda dan pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini baru menginjakkan kaki di Spanyol minggu ini.

Setibanya di Eropa, Mario langsung bergegas menuju Jerez untuk bergabung dengan tiga pembalap Honda Team Asia lainnya, yakni rekan setim anyarnya Taiyo Furusato, Ai Ogura serta Somkiat Chantra.

Tes privat Jerez berlangsung selama dua hari, mulai dari 8 sampai 9 Februari. Dalam sesi uji coba ini, Mario tak hanya satu trek bersama pembalap Moto3, tetapi juga dengan barisan rider dari kelas Moto2.

Bahkan, tampak pula pembalap dari kejuaraan World Supersport (WSSP) yang mengikuti tes. Yakni duo Evan Bros. WorldSSP Yamaha Team, rookie Lorenzo dan tandemnya, Peter Sebestyen.

Walau tes privat, Mario menunjukkan progres yang cukup baik. Bila menengok posisi akhir yang ditempatinya, memang tidak begitu menggembirakan. Tetapi hal itu bisa dimaklumi lantaran pengujian juga diikuti Moto2.

Mario menuntaskan hari pertama dengan catatan waktu terbaik 1 menit 49,523 detik untuk posisi ke-36. Dia sendiri cuma terpaut 0,082 detik dari Furusato yang berada satu tingkat di atasnya.

Sementara status pembalap tercepat diklaim Dennis Foggia. Pembalap Leopard Racing itu mengungguli Tatsuki Suzuki dan Carlos Tatay. Sementara lima besar dilengkapi Riccardo Rossi serta Andrea Migno.

Tes privat Jerez menandai comeback Ana Carrasco yang bakal semusim penuh bersama BOE SKX. Juara World Supersport 300 2018 itu menghuni posisi paling buncit, di belakang Elia Bartolini.

Untuk kategori Moto2, Chantra jadi yang terkencang. Dia mengalahkan Ogura dengan selisih tipis 0,075 detik. Tempat keempat diduduki Tony Arbolino, diikuti oleh Joe Roberts dan Sam Lowes.

Tes resmi pramusim Moto2-Moto3 dijadwalkan pada 19 sampai 21 Februari, berlokasi di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Sementara itu, Pembalap muda Indonesia lainnya, Fadillah Arbi Aditama, resmi dipromosikan dan akan menggantikan kompatriotnya, Mario Suryo Aji, di ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup pada musim depan.

Pembalap yang akrab disapa Arbi itu merupakan salah satu rider muda binaan PT AHM, yang tergabung dalam bendera Astra Honda Racing Team (AHRT).

Tahun ini, Fadillah melakoni debut di kejuaraan Asia Talent Cup (ATC) bersama tiga rekan senegaranya, yakni Azryan Dheyo, Herjun Atna Firdaus, dan Herlian Dandi.

Pada tes pramusim ATC di Sirkuit Internasional Losail, Fadillah menunjukkan performa menjanjikan usai keberhasilan menduduki posisi kedelapan.

Sayangnya, dari empat balapan dalam seri ATC Qatar serta Doha, Fadillah mencatatkan tiga kali kegagalan finis. Kendati demikian, pada Race 1 putaran Doha, dia berhasil membawa pulang 8 poin.

Walau begitu, Dorna Sports rupanya menaruh kepercayaan terhadap Fadillah. Dianggap memiliki prospek masa depan yang cerah, dia dipromosikan untuk berkompetisi di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2022.

Dalam daftar pembalap yang diundang pada musim depan, Fadillah terpilih masuk beserta 11 rider muda lainnya.

Fadillah diyakini menggantikan seniornya, Mario Aji, yang dalam tiga tahun terakhir berkiprah di Rookies Cup, dengan prestasi terbaik podium kedua di Valencia 2020.

Pasalnya, dalam daftar pembalap saat ini yang diundang untuk tetap berada di Rookies Cup 2022, tidak tercantum nama Mario. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad