Post Top Ad

Teknologi

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Jangan Remehkan Posisi Tubuh Yang Ideal Saat Menggunakan Motor

PONTIANAK - Posisi tubuh yang ideal saat berkemdara, ternyata juga sangat berpengaruh kepada kesehatan itu sendiri. Bila berkendara dengan posisi tubuh yang ideal, maka akan membuat nyaman dan aman saat berkendara.


Berikut ini adalah posisi tubuh yang ideal saat berkendara dengan sepeda motor, yang dibagikan oleh Astra Motor Kalbar, melalui Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalbar, Prastya Agusta.

Menurutnya, dengan posisi yang baik, berkendara, apalagi touring jarak jauh, menuntut fisik yang prima, dalam rangka meminimalisir bahaya kecelakaan.
"Yang tertama tentu saja adalah Posisi Tubuh Tegak dan Rileks. Posisi pertama adalah posisi tegak dan rileks, dengan posisi tegak dan rileks kamu tidak akan mudah capek dalam berkendara," kata Prastya.

Kemudian, lanjutnya, bayangkan pengendara duduk dengan posisi membungkuk misalnya, maka akan menjadi lebih mudah capek.

"Nah posisi tubuh tegak ini bisa menghindari kelelahan saat berkendara dengan menggunakan kendaraan sepeda motor," lanjut Prast.
Kemudian yang kedua adalah Posisi Lengan Jangan Terlalu Lurus. Yang dimaksudkan lengan jangan terlalu lurus adalah posisi lengan yang memegang stang haruslah ada jarak sehingga siku masih bisa ada tekukan.

"Jika tangan terlalu lurus dan tidak ada tekukan di siku, kondisi tangan kita akan sangat lelah, terlebih saat melakukan pengereman dan juga jika menggunakan sepeda motor dengan kopling," paparnya.
Ketiga, gunakan semua jari untuk menggenggam tuas stang. Jangan pernah menggunakan jari kurang dari 4 jari memegang stang.

Dengan memaksimalkan penggunaan jari kita, tentunya kita akan merasa nyaman dalam berkendara. Selain itu penggunaan empat jari ini berfungsi sebagai salah satu standar keamanan dalam berkendara.
"Keempat adalah Posisi Lutut Rapat Ke Arah Depan. Posisi ini sangatlah penting untuk diperhatikan, yaitu posisi lutut ke arah depan dengan posisi rapat," sambung Prasya.

Posisi seperti ini, ujarnya, sangat baik untuk melindungi badan kita saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu posisi lutut yang rapat dan juga memudahkan kamu untuk menyeimbangkan sepeda motor bro.
Kelima adalah Posisi Duduk Yang Pas (Pinggul Berada Tepat Di Atas Jok)
Agar pengendara tidak merasa cepat lelah, tentunya harus memperhatikan tempat duduk di jok yang benar.

"Biasanya cara yang digunakan adalah dengan cara berdiri sebentar dan kemudian duduk, cari posisi paling enak dan nyaman. Jika kita merasa nyaman kita akan lebih mudah untuk menyeimbangkan posisi sepeda motor. Selain itu kita juga tidak mudah lelah dengan posisi yang nyaman," pungkas Prastya.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad