Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

HondaOtomotif

Honda PCX Punya Airbag? Bikin Berkendara Jadi Makin Aman

PONTIANAK - Teknologi airbag pada motor Honda bukan sesuatu yang baru, Moge Honda Gold Wing 2006 sudah punya airbag. Tapi teknologi yang sama belum tampak dimiliki oleh model-model lain motor Honda sejak itu. Setelah 15 tahun, rupanya Honda bukan tak tinggal diam dengan teknologi tersebut.


Dilansir dari RideApart, pengembangan airbag Honda itu terkuak pada gambar paten yang beredar. Sistem airbag Honda itu bergaya tirai.

Menariknya, alih-alih akan menerapkan untuk motor gede, Honda justru menggunakan Honda PCX sebagai percobaannya kali ini.

Honda mengklaim bahwa 68% tabrakan frontal sepeda motor menyebabkan cedera. Tabrakan frontal ini terjadi ketika pengendara bertabrakan dengan kendaraan lain atau menabrak benda lain.

Desain baru airbag ini berbeda dengan milik Gold Wing. Airbag balon Gold Wing bertujuan untuk melindungi pengendara di kokpit. Sedangkan gaya tirai yang baru ini berfungsi sebagai penghalang antara pengendara dan benda lain.

Sistem ini mungkin tidak sekuat airbag Gold Wing yang layak digunakan untuk mobil, tetapi sistem baru ini kemungkinan sudah disesuaikan dengan kecepatan lalu lintas di perkotaan.

Ada tiga paten Honda yang memiliki fungsi sama namun pendekatan yang berbeda. Desain pertama menampilkan airbag yang diposisikan tepat di depan setang. Airbag dapat mengembang di antara pengendara dan windshield, sehingga memberikan zona benturan awal yang empuk saat terjadi tabrakan.

Paten kedua menunjuukan unit yang diposisikan di bawah panel instrumen. Desain ini juga dilengkapi windshield yang bisa bergeser ke depan saat kantung udara mengembang.

Desain ketiga, airbag dipasang langsung di setang skutik bongsor itu. Pada paten juga terlihat tabung inflasi eksternal yang menghubungkan unit airbag ke sensor tabrakan.(*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad